Pesisir Selatan bangun tugu Lokan di Inderapura

id Lokan,Tugu Lokan,Ikon Daerah,Pesisir Selatan,Hendrajoni

Pesisir Selatan bangun tugu Lokan di Inderapura

Usaha Lokan Crispy.

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membangun tugu Lokan di Inderapura, daerah setempat, sebagai upaya memperkuat informasi bahwa daerah itu merupakan penghasil kerang yang berhabitat di muara tersebut.

"Di Ranah Pesisir ada tugu Mungkui yang merupakan jenis ikan yang banyak berasal di sungai-sungai pada daerah setempat, karena Inderapura merupakan penghasil Lokan maka tugunya juga akan dibangun di sana," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Sabtu.

Melalui tugu tersebut ia berharap masing-masing kecamatan memiliki ikon sehingga masyarakatnya sadar bahwa ada potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian.

"Seperti halnya Lokan, karena Pesisir Selatan sepanjang tahunnya selalu didatangi ribuan wisatawan tidak ada salahnya muncul paket-paket wisata seputar Lokan, mulai dari mencarinya hingga menyajikannya menjadi masakan yang nikmat," kata dia.

Selain itu, keberadaan tugu juga diharapkan ke depan masyarakat secara sadar dan bersama-sama menjaga lingkungan untuk kelestarian potensi daerahnya masing.

"Lokan dan Mungkui rentan dengan limbah sehingga masyarakat mesti menjaga pola hidup sehingga sungai dan muara tidak terpapar limbah," katanya lagi.

Ia mengungkapkan sebelumnya pada 2016 daerah setempat meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena berhasil menyajikan 500 jenis panganan berbahan dasar Lokan.

Untuk membuat ratusan sajian tersebut, sebanyak 1.029 juru masak ikut berpartisipasi yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat setempat.

Selain Inderapura beberapa kecamatan juga tercatat sebagai daerah penghasil Lokan, beradasarkan catatan Dinas Perikanan setempat daerah setempat mampu menghasilkan 1,5 ton daging Lokan setiap tahunnya.

Sebelum diolah menjadi berbagai masakan, Lokan akan terlebih dahulu direbus sehinga dagingnya lebih mudah diambil, selain diolah menjadi sate lokan, lokan juga kerap diolah menjadi rendang yang mengunggah selera.