Harga cabai merah turun di Pasar Raya Padang

id Harga Cabai Merah,Pasar Raya Padang

Harga cabai merah turun di Pasar Raya Padang

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Raya Padang tengah merapikan dagangannya sembari menunggu pembeli, Jumat (28/6). (ANTARA SUMBAR/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Harga cabai merah di Pasar Raya Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, mengalami penurunan karena banyaknya jumlah pasokan.

Harga cabai merah yang dipasok dari Jawa sebelumnya Rp60.000 per kilogram turun Rp2.000 menjadi Rp58.000 per kilogram," kata salah seorang pedagang cabai Titi (40) di Padang, Jumat.

Selain itu harga cabai lokal juga mengalami penurunan dari Rp55.000 per kilogram menjadi Rp50.000 per kilogram.

"Harga cabai saat ini tidak stabil, bisa naik dan turun kapan saja, contohnya sekarang harga cabai turun bisa jadi besok naik lagi harganya," sambung Titi.

Turunnya harga cabai tergantung pasokan yang masuk, jika pasokan banyak maka harga cabai juga turun begitu pula sebaliknya.

"Kebetulan hari ini pasokan banyak dan belanja di daerah murah, dibandingkan hari kemaren pasokan sedikit dan belanja di daerah juga mahal," ujarnya.

Sementara harga bawang putih juga turun dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp33.000 per kilogram karena pasokan bawang putih sudah banyak.

Menurut pedagang cabai lainnya Saiyo menjual cabai lokal seharga Rp48.000 lebih murah dari harga cabai Jawa, namun tetap saja masyarakat membeli cabai Jawa hingga kehabisan stok di tempatnya.

"Karena menurut pembeli cabai Jawa tidak pedas dibandingkan cabai lokal yang pedas, makanya banyak peminatnya," sambung Saiyo.

Selain itu harga bawang dan daging masih stabil, bawang merah super Rp30.000 per Kilogram, bawang merah biasa Rp28.000 per kilogram dan daging masih Rp120.000 per kilogram.

Selain itu harga minyak goreng dan gula juga stabil seperti minyak goreng curah Rp9.500 per kilogram dan gula pasir putih masih Rp13.000 per kilogram.