Mobil terguling ke sawah jadi tontonan warga, jembatan darurat dewan desak diperbaiki

id Jembatan rusa,Mobil terguling,Dewan protes,Pasaman,Sumbar

Mobil terguling ke sawah jadi tontonan warga, jembatan darurat dewan desak diperbaiki

Warga menyaksikan mobil jenis pikap yang terguling saat melintas di jembatan darurat di Nagari Tanjung Betung Timur. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Berulang kali mobil terguling ke sawah akibat jembatan yang dilewati darurat, sehingga mendesak untuk diperbaiki agar peristiwa yang jadi totonan warga tidak terjadi di masa mendatang.

Desakan itu muncul dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten PasamanHaniful Khairi mendesak Pemkab Pasaman segera memperbaiki jembatan rusak penghubung antara dua nagari di Rambahan, Nagari Tanjung Betung Timur, Kecamatan Rao Selatan.

Jembatan penghubung antara Nagari Tanjung Betung dengan Nagari Persiapan Tanjung Betung Timur, dikeluhkan warga. Pasalnya, kondisi jembatan tersebut kini rusak pasca ambruk beberapa waktu lalu.

"Jembatan tersebut mengalami kerusakan parah pada awal 2019 atau di luar tahun anggaran. Runtuh setelah anggaran berjalan. Di anggaran perubahan kita coba usulkan, itu pun kalau ada uangnya," ucap Politisi Partai PAN, saat dihubungi, Selasa.

Agar tetap bisa dilalui oleh kenderaan dan masyarakat setempat, jembatan tersebut dipasang batang kayu dari pohon kelapa sebagai jembatan darurat.

Kebetulan, kata Anto, sapaan akrabnya, setiap hari ia melintasi jembatan rusak tersebut untuk menuju kantornya di gedung DPRD Pasaman di Lubuksikaping.

"Rusaknya jembatan itu telah mengganggu aktivitas, karena jembatan tersebut merupakan akses penghubung yang dilalui masyarakat sehari-hari," kata dia.

Selain menghambat jalur transportasi, rusaknya jembatan penghubung yang terletak di wilayah Rambahan-Muaragondang itu dikhawatirkan dapat membahayakan warga yang melintas jembatan darurat dari pohon kelapa itu.

"Sejak rusak dan diganti jembatan darurat, sudah dua kali mobil jenis pikap yang melintas terguling ke sawah. Karena itu kita berharap jembatan dapat diperbaiki jangan menunggu sampai ada korban lagi," ucap salah seorang warga, Majolelo.
Warga menyaksikan mobil jenis pikap yang terguling saat melintas di jembatan darurat di Nagari Tanjung Betung Timur. (Ist)
Camat Rao Selatan, Khairul Insan mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengajukan perbaikan jembatan penghubung antara dua kanagarian itu lewat pelaksanaan forum SOPD dan Musrenbang pada awal tahun 2019 lalu.

"Sudah kita usulkan agar segera diperbaiki. Diterima atau tidak, saya belum tahu. Sampai saat ini, saya sebagai Camat belum ada menerima daftar kegiatan 2019 dari Bappeda untuk Kecamatan Rao Selatan apa saja," ujar Insan saat dihubungi.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar