Grup Astra Padang gelar pasar murah pada dua lokasi di Sumbar

id Astra Internasional

Grup Astra Padang gelar pasar murah pada dua lokasi di Sumbar

Kepala Cabang Auto 2000 Khatib Sulaiman Nurimansyah Tara (kiri) memberikan paket kepada masyarakat dalam Pasar Murah Astra 2019 di Jorong Tabek Talang Babungo Kabupaten Solok (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Grup Astra Internasional Padang menggelar pasar murah Ramadhan 1440 Hijriah pada dua lokasi di Sumatera Barat yakni Jorong Tabek Talang Babungo dan Lubuk Alung pada Sabtu (25/5)

Kepala Cabang Auto 2000 Khatib Sulaiman Nurimansyah Tara di Padang, Minggu mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya membagikan 500 paket sembako seharga Rp100 ribu namun masyarakat hanya membeli sebesar Rp50 ribu per paketnya.

“Dana yang terkumpul dari masyarakat akan dikembalikan kepada masyarakat dalam berbagai program pendidikan, lingkungan, kesehatan atau kewirausahaan,” kata dia.

Ia mengatakan dengan adanya pasar murah ini dapat membantu masyarakat di dua lokasi tersebut dalam memenuhi kebutuhan mereka dalam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan serta Idul Fitri nantinya.

"Jadi, intinya dari masyarakat dan untuk masyarakat dan hasil penjualan ini, murni seluruhnya kita kasih kepada masyarakat setempat," katanya.

Ia menjelaskan secara nasional, pasar murah Astra Internasional ini digelar ini digelar di 65 titik yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Khusus di Sumbar, ada dua titik, Lubuk Alung dan Tabek Talang Babungo.

"Ini merupakan program CSR Astra kepada masyarakat dan bukti kontribusi Astra kepada masyarakat. Kami harapkan dengan adanya pasar murah dan penjualan dari sembako ini bisa dipergunakan oleh masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan untuk pasar murah ini di Jorong Tabek ini merupakan pasar murah ketiga kalinya yang digelar di sana. Pihaknya akan mengagendakan pasar murah ini di Jorong Tabek pada tahun mendatang namun, untuk kepastiannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Astra pusat.

"Kita akan pertimbangkan untuk menjadikan program pasar murah ini, menjadi agenda tahunan. Mudah-mudahan program ini bisa meringankan beban masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penggiat Kampung Berseri Astra Tabek, Kasri Satra, mengatakan hasil penjualan dari sembako ini rencananya akan dipergunakan untuk perbaikan masjid dan bidang pendidikan di Jorong Tabek.

"Kami sangat berterima kasih kepada Astra, akan kepeduliannya kepada Jorong Tabek. Kami harapkan pasar murah ini, juga akan digelar pada tahun mendatang dan bisa menjadi agenda tahunan," kata Kasri.

Ia juga mengatakan program Kampung Berseri Astra ini telah mengubah total Jorong Tabek ini melalui program CSR Astra, fokus pada perubahan di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan UMKM.

"Hadirnya Astra di Jorong Tabek ini, tidak hanya merubah prilaku masyarakat dan lingkungan ini. Di segi ekonomi, masyarakat juga terangkat dan berubah dari jauh sebelum Astra masuk ke sini," kata dia.

Sementara salah seorang warga Ermidafrina (55) mengaku senang dengan adanya kegiatan pasar murah ini karena dirinya sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok.

“Kami berharap pasar murah ini terus ada dan membantu masyarakat karena biasanya harga barang naik menjelang Idul Fitri namun kita dapat membeli barang dengan harga murah,” kata dia.