PWI Sumbar Dorong Kabupaten/Kota Selenggarakan UKW

id Ukw

PWI Sumbar Dorong Kabupaten/Kota Selenggarakan UKW

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan kartu UKW secara simbolis pada sejumlah wartawan di Padang. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat Heranof mendorong kabupaten dan kota ikut menfasilitasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi juru warta di daerah masing-masing seperti yang dilakukan Pemerintah Provinsi setempat.

"Sekarang wartawan harus lulus UKW sebagai bukti kompetensi. Pemprov Sumbar sudah mulai menfasilitasi, kabupaten/kota harusnya juga bisa berpartisipasi," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan itu dalam acara buka bersama Pemprov Sumbar bersama insan media di Padang.

Menurutnya wartawan yang lulus UKW merupakan salah satu indikator bagi juru warta yang profesional karena dalam ujian juga diuji pengetahuan kode etik jurnalistik.

Dengan demikian produk pers yang dibuat juga memiliki standar yang baik dan berimbang dalam penyajian.

Hal itu tentu juga akan menguntungkan bagi daerah karena pembangunan sebenarnya juga tidak bisa dilepaskan dari peran pers.

Selain sebagai bukti kompetensi, UKW juga sudah menjadi salah satu syarat untuk bisa masuk dalam organisasi wartawan terbesar di Indonesia itu.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan pihaknya mendukung terbentuknya pers yang profesional dan memegang teguh kode etik jurnalistik.

Salah satunya dengan cara memfasilitasi pelaksanaan UKW bekerjasama dengan PWI setempat.

Ia berharap pers yang baik akan ikut berperan besar dalam pembangunan daerah.

Sebelumnya Pemprov Sumbar menfasilitasi terselenggaranya UKW angkatan XI dengan peserta 40 orang. Dari jumlah itu 28 orang dinyatakan berkompetensi.***