Payakumbuh bekali anak putus sekolah keterampilan merajut

id pelatihan keterampilan

Payakumbuh bekali anak putus sekolah keterampilan merajut

Pelatihan bagi para generasi muda Payakumbuh yang putus sekolah. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Sosial menggelar pelatihan bagi generasi muda yang putus sekolah.

"Kita ingin mereka mampu berdikari bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi lingkungannya," kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (PRJS) Dinas Sosial Payakumbuh Friza Susanti, di Payakumbuh, Sabtu.

Friza mengatakan pelatihan yang diikuti sebanyak delapan peserta ini juga sekaligus pembinaan dengan narasumber psikolog, Disnakerin dan Dinas Sosial.

“Tujuannya agar anak yang putus sekolah memiliki keterampilan dan sikap mental yang baik dalam bekerja dan melakukan kegiatan usaha,” terang Friza.

Salah satu pelatihan yang sudah dilaksanakan adalah pelatihan merajut dan pelatihan selanjutnya bisa dikirim ke Padang Panjang atau Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Pekanbaru.

"Pemberdayaan selanjutnya adalah ke tingkat yang lebih tinggi, kalau siswa masih berkeinginan untuk dilatih, kita akan kirim ke luar daerah," jelasnya.

Selain pembinaan kepada generasi muda putus sekolah Pemko Payakumbuh juga melakukan pembinaan kepada masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Salah seorang peserta pelatihan Herman mengatakan berkat pelatihan yang diberikan pemko Payakumbuh, ia mampu membuka usaha sendiri.

"Keterampilan ini berguna bagi saya, sekarang bisa buka usaha menjahit," ujarnya.

Ia mengharapkan Pemko Payakumbuh ke depan memperluas dan memperbanyak pelatihan yang diberikan agar tidak ada warga Payakumbuh yang menganggur.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar