Pesisir Selatan alokasikan Rp4 miliar bangun masjid terapung di pantai Carocok Painan

id Masjid Terapung Pesisir selatan

Pesisir Selatan alokasikan Rp4 miliar bangun masjid terapung di pantai Carocok Painan

Sketsa masjid terapung di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan. (ist)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tahun ini mengalokasikan anggaran Rp4 miliar untuk mewujudkan pembangunan masjid terapung di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan.

"Anggaran Rp4 miliar itu merupakan anggaran awal yang bersumber dari APBD kabupaten dan kegiatannya saat ini masih dalam tahap tender," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah setempat, Rinaldi di Painan, Jumat.

Ia menambahkan total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun mesjid mencapai Rp27,5 miliar yang dilaksanakan dalam tahun jamak.

"Sisa anggaran pembangun sebesar Rp23,5 miliar akan diupayakan melalui bantuan anggaran dari pemerintah pusat," ujar dia.

Perihal bantuan anggaran tersebut dirinya cukup optimis akan direspon dengan baik oleh pemerintah pusat.

"Dalam tiga tahun terakhir Pesisir Selatan menerima kucuran anggaran yang cukup besar dari pemerintah pusat, kami cukup optimis bantuan anggaran pembangunan mesjid ini juga akan terealisasi maksimal," ujarnya.

Keberadaan mesjid terapung di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan akan menjadi ikon baru wisata daerah setempat.

Sehingga kedatangan wisatawan ke Pesisir Selatan kedepan tidak hanya karena wisata bahari yang mempesona namun juga karena wisata religinya.

Ia mengungkapkan pariwisata merupakan salah satu sektor yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah kabupaten setempat, diharapkan sektor ini mampu mendorong tumbuhnya ekonomi yang bisa mensejahterakan masyarakat.

Di Pesisir Selatan selain terdapat objek wisata Pantai Carocok Painan, juga ada Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yanh mendunia, Jembatan Akar, Rumah Gadang Mandeh Rubiah dan lainnya. (*)