Pemkot Pariaman dorong pemuda tempuh pendidikan vokasi

id Pendidikan Vokasi,satu keluarga satu sarjana

Ribuan siswa se-Kota Pariaman, Sumbar mengikuti peluncuran Satu Keluarga Satu Sarjana di Pariaman, Kamis (11/4). (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong pemuda di daerah itu untuk menempuh pendidikan vokasi agar memiliki keterampilan khusus sehingga ketika lulus mudah mendapatkan pekerjaan.

"Kami memiliki program unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana untuk mendukung itu," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan meskipun Satu Keluarga Satu Sarjana baru diluncurkan pada Kamis kemarin namun program tersebut telah berjalan beberapa waktu lalu serta sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di dalam dan luar Sumbar.

Ia menyebutkan adapun perguruan tinggi itu yaitu di antaranya Politeknik Negeri Padang (PNP), Politeknik ATI Padang, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar, Batam Tourism Polyteknik (BTP) dan Insititute Teknologi Bandung (ITB).

Program Satu Keluarga Satu Sarjana tersebut telah termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Program ini yang kami harapkan dapat mengentaskan kemiskinan di Kota Pariaman," ujarnya.

Oleh karena pemuda Pariaman harus memiliki semangat untuk mengubah perekonomiannya menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar Burhasman mengatakan pihaknya mengapresiasi program pendidikan di Kota Pariaman.

"Pendidikan yang baik dapat menciptakan generasi muda yang mempunyai daya saing baik tingkat nasional maupun internasional," kata dia.

Dengan generasi muda yang memiliki daya saing maka akan berimbas pada peningkatan taraf hidup yang bersangkutan dan keluarganya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar