Bupati Solok harapkan Festival Lima Danau tumbuhkan IKM dan UKM

id Festival Lima Danau,HUT Kabupaten Solok,Gusmal

Bupati Solok, Gusmal meninjai pameran produk UKM dan IKM saat Festival Lima Danau di Arosuka, Senin. (Dok. Humas Setkab Solok)

​​​​​​​Arosuka   (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal mengharapkan Festival Lima Danau sebagai puncak perayaan Hari Ulang tahun (HUT) Kabupaten Solok ke 106 mampu mendorong pelaku IKM dan UKM berinovasi sehingga produk yang dihasilkan bisa diminati pasar.

Gusmal di Arosuka, Senin mengatakan dalam festival ini juga digelar pameran kerajinan IKM dan UKM yang dikembangkan oleh masyarakat setempat.

"Adanya festival ini memicu masyarakat membuat inovasi dan kerajinan tangan yang dapat dipamerkan dan dijual di festival," sebutnya.

Gusmal menyebutkan festival ini merupakan tindak lanjut pemerintah dalam percepatan pengembangan kepariwisataan daerah yang mensinergikan nilai-nilai budaya lokal dan seluruh sektor.

"Festival Lima Danau ini diharapkan dapat menjadi momen dimana pariwisata sebagai sektor prioritas dapat mengangkat citra pariwisata Solok dengan segala potensinya," sebutnya.

Ia menambahkan festival ini melibatkan masyarakat agar mereka bisa merasakan karena memeriahkan perayaan HUT daerah yang selama ini hanya dirasakan oleh sebagian orang saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Yandra menyebutkan Festival Lima Danau ini merupakan event tahunan dalam bentuk pameran dan pasar rakyat guna mempromosikan wisata, budaya dan kuliner.

"Kegiatan ini untuk mewujudkan ketahanan budaya dan citra pariwisata dalam menunjang pertumbuhan ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Selain itu, festival diharapkan mendorong kebangkitan UMKM dan sebagai ajang bagi pihak swasta untuk mempromosikan produknya.

Kegiatan ini diikuti oleh Nagari, Kecamatan, OPD, BUMD atau BUMN, Instansi vertikal, perusahaan swasta serta pedagang kuliner dan kerajinan lainnya.

Sedangkan, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Hardinalis Kobal menyebutkan festival ini berpotensi bagi daerah untuk terus dikembangkan sebagai ajang promosi ke masyarakat luar.

"Jadikan momen sekarang sebagai ajang untuk mempromosikan potensi daerah agar lebih dikenal masyarakat luas," sebutnya.

Festival Lima Danau hendaknya dipublikasikan dengan baik sehingga memancing kedatangan dan keingintahuan masyarakat luas tentang Solok sehingga datang berkunjung. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar