Pemkab Solok gelar berbagai kegiatan sambut HUT 106

id Hut solok

Pemkab Solok gelar berbagai kegiatan sambut HUT 106

Bupati Solok, Gusmal. (ANTARA SUMBAR/ist)

Arosuka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat menggelar berbagai kegiatan budaya dan lomba dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 106 pada 9 April mendatang.

"Kami mengadakan trail advanture, pemilihan uda uni, festival randai dan kesenian, dan acara lainnya hingga 6 April 2019," kata Kepala Dinas Pariwisata setempat Yandra diwakili Kasi Promosi dan Pariwisata, Rosmala Devi di Arosuka, Minggu.

Ia menyebutkan acara utama pada HUT Kabupaten Solok ke 106 dipusatkan di Taman Hutan Kota Wisata (THKW) Arosuka dengan festival lima danau.

"Selama lima hari dari 25 Maret sampai 30 Maret 2019, ada festival randai, penampilan kesenian Kota Solok, Sawahlunto, Solok Selatan dan Lima Puluh Kota di acara hiburan malam di THKW," sebutnya.

Dinas Pariwisata juga mengadakan lomba Indang yang diukti utusan-utusan nagari dan lomba kuliner khas Kabupaten Solok untuk memeriahkan acara di THKW pada 25 dan 26 Maret 2019.

Kemudian pada 31 Maret 2019, pihaknya mengadakan lomba layang-layang di Salayo yang akan diiukuti berbagai nagari di Solok.

"Acara ini bentuknya untuk meningkatkan rasa kedaerahan dan kebersamaan masyarakat," ujarnya.

Acara yang berbeda dari tahun sebelumnya, dinas mengadakan event turun ke sawah di Paninggahan sebagai bentuk promosi Kampung Budaya 2019.

Event ini juga akan memperlihatkan prosesi batanam (bertanam), prosesi maantaan (mengantarkan) nasi ke sawah, penampilan kesenian musik talempong dengan melibatkan 50 orang tim kesenian.

Kemudian ada lomba silek tradisional (balunau) menangkap ikan dan belut serta makan bersama. Event ini akan memperlihatkan bagaimana kearifan lokal masyarakat setempat dan bagaimana kebersamaan dan kekompakan masyarakat petani dalam budaya bergotong royong.

Pada 6 April 2019, dinas mengadakan Rolling like bersama komunitas roda empat se Sumatera Barat (touring komunitas mobil) yang start di THKW menuju Kebun teh- Danau Kembar dan finish di Dermaga Singkarak.*