Ini pesan Arcandra Tahar kepada generasi muda

id arcandra tahar

Ini pesan Arcandra Tahar kepada generasi muda

Wamen ESDM Arcandra Tahar membaca Al Quran pada acara Minang United yang digelar Harmoni Indonesia di Padang, Sabtu (23/3) (Antara Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arcandra Tahar mengajak generasi muda untuk bangkit dari empat hal yang dinilai bisa mengganggu prestasi ke depan.

"Generasi muda harus bangkit dari empat hal, yang pertama adalah bangkit dari berita-berita fitnah dan tidak benar," kata Arcandra, saat menghadiri Festival Minang United 2019, di Padang, Sabtu malam.

Poin kedua yaitu bangkit dari sikap berprasangka tidak baik antar sesama.

Sedangkan yang ketiga adalah bangkit dari kebiasaan mencari-cari kesalahan orang lain.

"Karena setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, sehingga sikap mencari-cari kesalahan orang lain ini harus ditinggalkan," katanya.

Sementara poin terakhir adalah bangkit dari persoalan gibah atau gunjing yang senang menceritakan keburukan orang.

Ia juga mengajak generasi muda di Minangkabau tetap berpegang pada falsafah "Adat basandi syarak, syarat basandi kitabullah".

"Dengan itu saya optimis generasi muda Minangkabau yang pada masa lalu sudah memberi kontribusi besar terhadap bangsa, akan kembali muncul dan menorehkan prestasi," katanya.

Wakil menteri "urang awak" itu menggambarkan secara luas tantangan yang harus dihadapi generasi sekarang adalah persaingan global.

"Kita tidak bisa lagi hidup pada suasana dimana persaingan itu hanya sesama millenial dalam negeri saja, tapi juga bersaing dengan millenial dari negeri lain," jelasnya.

Pada bagian lain, acara Festival Minang United 2019 juga menghadirkan musisi seperti Pee Wee Gaskins, Afgan, Shaggydog, penampilan silek Minangkabau, dan lainnya.