Wali Kota sebut Arcandra Tahar aktor di balik layar revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman

id Arcandra Tahar,Pasar Rakyat Pariaman,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar

Wali Kota sebut Arcandra Tahar aktor di balik layar revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman

Arcandra Tahar sedang membuat sebuah sketsa di depan Walikota Pariaman Genius Umar. (Antarasumbar/ist.)

Pariaman, (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar menyebutkan mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar merupakan aktor di balik layar didapatkannya dana revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman.

"Arcandra adalah aktor dibalik layar permintaan proyek Pasar Rakyat Pariaman ini, saat itu beliau menjadi Wamen ESDM," kata Genius di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan saat menjabat sebagai Wamen ESDM periode pertama Presiden Jokowi, Arcandra terus mendorong pihak terkait di pemerintah pusat agar revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman dapat dilakukan.

Revitalisasi pasar tersebut saat ini sudah selesai dan pihaknya meminta fasilitas ekonomi itu diresmikan pada Maret 2021.

Oleh karena itu, lanjutnya saat ia sedang kunjungan kerja ke Jakarta dirinya menemui Arcandra untuk melaporkan terkait dengan revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman pada Rabu (3/2).

Pada saat itu, kata dia Arcandra menyampaikan saran untuk pengembangan pariwisata di Pariaman dengan menerapkan konsep alami yaitu memanfaatkan kayu guna menggantikan plastik serta menanam pohon sehingga daerah itu terlihat rindang.

Di samping itu, lanjutnya Arcandra juga mengusulkan untuk membentuk kawasan wisata yang dilalui kereta sehingga dapat menambah daya tarik pariwisata di Pariaman.

"Intinya beliau menyarankan agar ada destinasi wisata baru untuk dikembangkan di Kota Pariaman hal tersebut berdasarkan animo dan pengalaman beliau selama di Amerika Serikat," tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman akan meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) untuk menerapkan sistem hibah sementara terhadap Pasar Rakyat Pariaman agar infrastruktur yang dibangun dengan dana sekitar Rp100 miliar tersebut dapat dioperasikan Maret 2021.

"Realisasi pembangunan Pasar Rakyat Pariaman hingga akhir 2020 telah mencapai 95 persen, dan sekarang dalam tahapan 'finishing' (penyempurnaan). Direncanakan pembangunannya selesai pertengahan Februari 2021," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan setelah pengerjaan pembangunan pasar selesai dan proses serah terima telah dilakukan antara kementerian dengan pelaksana pembangunan maka pihaknya akan mengirimkan surat permintaan hibah pasar ke KemenPUPR.

Namun, lanjutnya karena proses hibah yang memakan waktu yang lama maka pihaknya meminta pemerintah pusat memberikan hibah sementara dan izin operasional pasar agar infrastruktur tersebut dapat beroperasi Maret 2021. (*)