KPU Pasaman Barat Temukan 99 Kotak Suara Rusak

id Kotak suara rusak

KPU Pasaman Barat Temukan 99 Kotak Suara Rusak

Pekerja merakit kotak suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019). KPU Kota Padang membagi tiga tempat untuk perakitan 12.260 kotak suara yang didistribusikan ke 2.452 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan pada Pemilu 17 April 2019. ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww.

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menemukan sekitar 99 kotak suara rusak untuk Pemilihan Umum 2019.

"Kita telah melakukan sortiran beberapa hari ini terhadap 5.908 kotak suara yang diterima. Ditemukan 99 kotak suara rusak dan kotak suara juga kurang sekitar 123 unit saat pengiriman dari rekanan beberapa waktu lalu," kata Komisioner KPU Pasaman Barat, Adri di Simpang Empat, Minggu

Ia mengatakan kotak suara yang ditemukan rusak itu tidak layak pakai untuk Pemilu nanti.

Menurutnya seluruh kotak suara rusak tersebut disimpan oleh KPU Pasaman Barat di Gedung Utama KPU sambil menunggu penggantian dari KPU pusat atau provinsi.

"Sebagian besar kerusakan kotak suara itu diduga terjadi saat pengiriman atau pengepakan dari rekanan," ujarnya.

Ia menyebutkan sebagian besar kurasakan itu terdapat di bagian penutup atas kotak dan bagian samping kotak suara. Beberapa diantaranya juga mengalami sobek atau bolong di bagian dinding dan bagian samping kotak suara.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU provinsi untuk menanggulangi masalah tersebut.

Selain kerusakan, KPU sebelumnya juga menemukan kekurangan kotak suara sebanyak 123 unit.

"Kami butuh 6030 kotak suara, kurang 122 kotak lagi dari jumlah yang dibutuhkan," tegasnya.

Saat ini KPU bersama tim sudah menyelesaikan sekitar 80 persen perakitan kotak suara yang disimpan di dua gudang.

Pertama di gudang milik KPU dan gudang milik Pemkab Pasaman Barat. Hingga saat ini belum menemukan kendala yang berarti dalam tahapan perakitan

Piihaknya menargetkan perakitan kotak suara akan selesai tepat waktu sehingga bisa diketahui berapa jumlah total kerusakan dan kekurangan kotak suara.