KPU Padang gelar Deklarasi Pemilu Damai

id kpu,padang,Deklarasi Pemilu Damai

KPU Padang gelar Deklarasi Pemilu Damai

Ketua KPU Kota Padang M Sawati menandatangani piagam Deklarasi Pemilu Damai di Kota Padang, Kamis (21/2). (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - KPU Kota Padang, Sumatera Barat menggelar “Deklarasi Pemilu Damai” sebagai salah satu cara untuk mengajak peserta pemilu, pemerintah daerah dan lainnya untuk berkomitmen menjaga pemilu presiden dan pemilu legislatif 2019 dapat berjalan damai aman dan lancar.

Komisioner KPU Padang Mahyudin di Padang, Kamis mengatakan deklarasi ini merupakan insiasi dari pihaknya sebagai penyelenggara pemilu dalam menyongsong pelaksanaan pemilu yang semakin dekat.

Menurutnya semakin dekatnya pelaksanaan pemilu membuat terjadinya gesekan dan potensi pelanggaran yang terjadi menjelang 17 April 2019, selanjutnya pada 24 Maret 2019, tahapan kampanye yang berbentuk rapat umum di lapangan terbuka.

“Dalam hal ini kami mengajak seluruh pihak agar berkomitmen dan mendkelarasikan menjaga pemilu nanti dapat berjalan damai,” katanya.

Sementara Plt Sekda Kota Padang Amasrul mengatakan pelaksanaan pemilu harus berjalan sukses dan damai, hal tersebut dapat diperoleh apabila indikatornya dapat terpenuhi.

Menurut dia indikator tersebut adalah pemilu dapat berjalan adil dan jujur kemudian diikuti dengan tingginya partisipasi pemilih karena masyarakat yang memiliki hak pilih datang beramai-ramai ke TPS menyalurkan hak pilih mereka. Setelah itu sukses selanjutnya ditandai dengan tidak adanya konflik atau keributan sebelum pemilu atau pascapelaksanaan pemilu.

Ia mengatakan tidak terjadi konflik mulai dari tingkat TPS hingga ke tingkat kota, karena jika terjadi konflik dibutuhkan biaya yang besar untuk mengembalikan kondisi seperti semula.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka deklarasi ini memiliki peranan penting karena peserta pemilu bersama masyarakat dan pemerintah berkomitmen menjalankan pemilu dengan baik serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kampanye ini harus bersih dari hoaks, politisasi SARA, politik adu domba dan politik uang,” katanya.

Sementara calon anggota DPD RI Asnawi Bahar mengatakan deklarasi ini seharusnya membuat para peserta pemilu dapat menjalankan pemilu dengan damai, jika KPU sukses menjalankan pemilu dengan baik maka calon legislatif juga sukses dalam pemilu.

“Jangan lagi ada pengrusakan baliho atau alat peraga terhadap salah satu calon sementara calon lain itu tidak terjadi. Kami berharap pemilu ini berjalan dengan sukses tidak hanya sukses bagi penyelenggara tapi juga peserta pemilu,” katanya.

Deklarasi tersebut digelar di Gedung Radio Republik Indonesia (RRI) Kota Padang dihadiri oleh Ketua KPU Padang, Ketua Bawaslu, Ptl Sekda Padang, Polresta Padang, Danlanud, Dandim dan lainnya. Selain itu perwakilan partai politik peserta pemilu dan beberapa calon anggota DPD RI seperti Julia Agusta, Alkudri, Asnawi Bahar dan lainnya. (*)