KPU Kabupaten Solok rakit 6.570 kotak suara pemilu

id Kotak Suara,Perakitan Kotak Suara,KPU Solok,Pemilu 2019

Pekerja merakit kotak suara di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat, Senin (11/2/2019). ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww.

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Sumatera Barat sedang merakit 6.570 buah kotak suara kardus kedap air yang akan digunakan pada pemilihan umum serentak pada 17 April 2019.

"Kotak suaranya sudah datang beberapa waktu lalu dan sedang dilakukan perakitan," kata Ketua KPU Kabupaten Solok, Gadis, Selasa, di Koto Baru.

Ia menyebutkan sejumlah kontak suara ditemukan rusak, namun tidak begitu kentara.

"Sepanjang masih layak maka akan tetap digunakan, kalau tidak akan dilakukan permintaan penggantian ke KPU Pusat," ujarnya.

Perakitan kotak suara dilakukan di gedung bawah Islamic Center Koto Baru. Terlihat, deretan kotak memenuhi sejumlah ruangan. Nantinya kotak suara akan didistribusikan masing-masing 5 buah untuk 1.314 TPS.

Sementara itu, untuk surat suara, hingga saat ini baru tiga jenis yang telah diterima oleh KPU Kabupaten Solok. Surat suara DPRD Kabupaten Solok, DPRD Provinsi dan surat suara untuk DPR-RI Dapil Sumbar.

"Untuk jenis surat suara DPD-RI dan Pilpres belum kami terima, mungkin masih dalam perjalanan," katanya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis, Defil menjelaskan, untuk tiga jenis surat suara tersebut masih ada kekurangan dari total surat suara yang dibutuhkan untuk pemilu nanti.

Dari ketiga jenis surat suara yang diterima, masing-masing jumlahnya sekitar 287.541 lembar. "Namun kebutuhan kami lebih kurang 288.177 surat suara," ujarnya.

Pihak KPU Kabupaten Solok akan kembali mengajukan penambahan surat suara ke KPU RI terhadap kekurangan tersebut.

Untuk proses pelipatan surat suara, nanti akan dilakukan KPU dengan merekrut masyarakat sekitar dan tentunya diawasi langsung oleh Bawaslu dan pihak kepolisian.

"Sampai saat ini masih dalam proses penyiapan logistik, satu minggu jelang pemilihan, logistik pemilu akan kita distribusikan ke masing-masing lokasi," tutupnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar