Kejar target tuan rumah MTQ Nasional, pembangunan stadion utama Padangpariaman dikebut

id stadion utama,MTQ Nasional

Kejar target tuan rumah MTQ Nasional, pembangunan stadion utama Padangpariaman dikebut

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau pembangunan stadion utama di Padangpariaman. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pembangunan fisik stadion utama di Sikabu, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat hingga awal Januari 2019 baru mencapai 30 persen, namun pengerjaannya akan dipercepat agar bisa digunakan pada pertengahan 2020.

"Oktober 2020 Sumbar akan jadi tuan rumah MTQ Nasional. Stadion ini direncanakan menjadi lokasi pembukaan karena itu pembangunannya kita percepat," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau pembangunan stadion itu di Padangpariaman, Kamis.

Menurutnya pemerintah Provinsi Sumbar mengalokasikan Rp179 miliar pada 2019 untuk melanjutkan pembangunan fisik stadion dengan kapasitas tampung 45 ribu orang itu.

Anggaran itu ditambah pada 2020 untuk menyelesaikan proyek 100 persen, diantaranya melengkapi infrastruktur pendukung lain seperti jalan dan parkir.

Berdasarkan peninjauan bersama tim pondasi dan rangka sudah berdiri kokoh mengelilingi bangunan stadion.

Direncanakan tahun ini bisa diselesaikan lantai pertama pada tribun bagian barat untuk VIP.

Ia optimis sarana dan prasarana lokasi pelaksana MTQ Nasional itu bisa selesai tepat waktu.

Sementara itu terkait persiapan sebagai tuan rumah MTQ Nasional, Nasrul mengatakan akan memperkuat materi Qori dan Qoriah dengan pelatihan terpusat yang lebih panjang.

Hal itu untuk menebut anjloknya prestasi kafilah Sumbar pada MTQ nasional di Medan 2018 yang hanya berada di peringkat 14 atau turun tujuh tingkat dari MTQ Nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat tahun 2016.

Ikut dalam peninjauan stadion utama itu Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur dan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri. (*)