Dishub Sumbar pastikan Sicincin-Malalak aman dilintasi

id Heri Nofiardi

Dishub Sumbar pastikan Sicincin-Malalak aman dilintasi

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi (Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Dinas Perhubungan Sumatera Barat menyatakan jalur alternatif Sicincin-Malalak relatif aman untuk dilalui oleh pengendara dari Padang menuju Bukittinggi terus ke Pekanbaru, Riau atau sebaliknya.

"Kami sudah survei jalur Sicincin-Malalak. Kondisi jalan bagus dan bisa dilewati," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi di Padang, Kamis.

Menurutnya Dishub Sumbar tengah melengkapi rambu dan marka jalan untuk membantu pengendara agar lebih berhati-hati melewati jalur itu.

Namun secara umum menurutnya kondisi jalan sangat baik dan laik untuk dilewati oleh kendaraan, termasuk untuk truk logistik.

Heri merekomendasikan jalur itu untuk memecah penumpukan kendaraan di jalur Bukittinggi-Padang via Solok yang sudah sangat padat.

"Awalnya kita merekomendasikan jalur via Solok untuk menuju Padang. Namun sekarang sudah sangat padat. Karena itu jalur alternatif Sicincin-Malalak bisa digunakan," kata dia.

Jalan alternatif lain yang bisa dilewati adalah Padang-Pariaman-Bukittinggi via kelok 44.

Sementara itu Menteri PU Basuki Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono mengatakan jembatan darurat yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi bisa dilewati kendaraan pada Sabtu (15/12).

"Besok jembatan selesai dikerjakan, Sabtu bisa digunakan," katanya.

Ia mengatakan jembatan darurat tersebut untuk kendaraan dari arah Padang ke Bukittinggi sedangkan kendaraan dari arah Bukittinggi harus melewati Malalak. (*)