Antisipasi kecurangan, seluruh pasar di Tanah Datar ditargetkan tertib ukur

id pppppasar, perdagangan,tertib ukur

Antisipasi kecurangan, seluruh pasar di Tanah Datar ditargetkan tertib ukur

Ilustrasi pasar. (ANTARA FOTO/Iggoy El Fitra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menargetkan agar seluruh pasar yang ada di daerah tersebut dapat memperoleh predikat sebagai Pasar Tertib Ukur.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Tanah Datar, Marwan di Batusangkar, Selasa, mengatakan setelah Pasar Sungai Tarab memperoleh predikat tersebut, maka ke depannya ia beharap pasar-pasar yang lain juga mendapat predikat yang sama.

"Dengan demikian, maka diharapkan tidak terjadi lagi penipuan-penipuan yang dilakukan oleh oknum pedagang nakal demi untuk meraih keuntungan pribadi," katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya kecurangan tersebut, maka ia mengimbau agar seluruh pedagang pasar untuk tidak lagi menggunakan timbangan yang berbahan plastik.

Menurut dia, penggunaan timbangan berbahan plastik rawan pada tindak kecurangan oleh oknum pedagang.

Selain itu ia juga mengimbau para padagang emas untuk tidak lagi menggunakan timbangan manual sebagaimana biasa, akan tetapi beralih pada timbangan digital.

"Sebaiknya mereka sudah harus menggunakan timbangan digital yang pada dasarnya lebih akurat,” ujarnya.

Senada, Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma juga mengharapkan agar seluruh pasar di daerah tersebut dapat memperoleh predikat sebagai Pasar Tertib Ukur.

Menurutnya, apabila seluruh pasar di daerah itu sudah memiliki predikat sebagai Pasar Tertib Ukur, maka selanjutnya ia menargetkan Tanah Datar sebagai daerah Tertib Ukur (DTU).

"Untuk mendapatkan DTU, tentu harus didukung oleh pasar-pasar yang ada di Kabupaten Tanah Datar dapat melaksanakan Pasar Tertib Ukur, sebab hal tersebut merupakan salah satu indikator untuk mendapatkan DTU,” katanya. (*)