TMMD bangun irigasi pertanian sepanjang 300 meter di Tanah Datar

id Tmmd, masyarakat, irigasi, pertanian

Pelaksanaan TMMD Ke-103 oleh Kodim 0307 Tanah Datar, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/ist)

Pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar kali ini bertujuan untuk membantu Pemkab Tanah Datar dalam rangka percepatan pembangunan
Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, membangun saluran irigasi sepanjang 300 meter bagi masyarakat.

Komandan Kodim 0307 Tanah Datar, Letkol Inf Edi S Harahap di Batusangkar, Kamis, mengatakan pembangunan irigasi merupakan salah satu dari beberapa agenda yang telah disiapkan untuk pelaksanaan TMMD kali ini.

"Pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0307 Tanah Datar kali ini bertujuan untuk membantu Pemkab Tanah Datar dalam rangka percepatan pembangunan," katanya.

Ia menyebutkan, kegiatan TMMD akan dilaksanakan selama lebih kurang satu bulan dan telah dimulai sejak 15 Oktober hingga berakhir pada 13 November mendatang.

Pembangun saluran irigasi menurutnya bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil pertanian masyarakat yang ada di daerah Taram Jorong Kubang Landai Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas.

Pembangunan saluran irigasi tersebut diperuntukkan bagi areal persawahan masyarakat yang selama ini mengalami kendala atau kesulitan dalam hal pengairan.

Selain prajurit, dalam pengerjaan irigasi itu juga terdapat beberapa masyarakat yang ikut terlibat. Selain itu pekerjaan tersebut juga ditargetkan akan dapat selesai sebelum dilakukan masa TMMD berakhir.

Sementara itu Kepala Jorong Kubang Landai, An mengatakan dengan adanya pembangunan irigasi tersebut diharapkan dapat membantu kesulitan petani.

Ia mengatakan, melalui kegiatan TMMD ini ia bersama masyarakatnya menjadi sangat terbantu, tidak hanya di bidang pertanian akan tetapi juga di bidang lain, seperti kesehatan dan lain sebagainya.

"Semoga dengan dibangunnya berbagai fasilitas umum dan pembangunan nonfisik di daerah ini, ekonomi masyarakat akan lebih baik dan hasil pertanian juga meningkat," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar