BKPSDM: jangan percaya oknum janjikan kelulusan CPNS dengan imbalan uang

id Khairuddin

BKPSDM: jangan percaya oknum janjikan kelulusan CPNS dengan imbalan uang

Kepala BKPSDM Dharmasraya, Khairuddin. (ANTARASUMBAR/Ilka Jensen)

Mereka yang lulus nanti adalah murni karena usahanya. Jadi hati-hati dengan oknum-oknum yang mengambil kesempatan menawarkan kelulusan CPNS dengan cara meminta sejumlah uang
Pulau Punjung, 25/10 (Antara) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mengimbau pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tidak mempercayai jika ada oknum pejabat daerah itu yang menjanjikan kelulusan.

"Jangan percaya kalau ada pejabat atau pihak lainnya yang menawarkan kelulusan CPNS dengan imbalan sejumlah uang," kata Kepala BKPSDM Dharmasraya, Khairudin di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan saat ini tidak ada lagi pejabat yang bisa menolong kelulusan CPNS, kalau mau lulus silakan ikuti prosedur yang ada, dan jalani tes.

Masyarakat dan pelamar CPNS juga diminta tidak mempercayai isu-isu yang menyebutkan bahwa penerimaan CPNS masih ada kecurangan.

"Mereka yang lulus nanti adalah murni karena usahanya. Jadi hati-hati dengan oknum-oknum yang mengambil kesempatan menawarkan kelulusan CPNS dengan cara meminta sejumlah uang," sebut dia.

Sistem penerimaan CPNS saat ini sudah cukup ketat. Dimana telah menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT). Bahkan, tahapan administrasinya sudah berbasis online.

Dengan begitu, lanjut dia semua pelamar memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk diterima sebagai PNS.

"Jadi tidak ada yang khusus, pelaksanaan berlangsung secara murni tanpa ada titipan-titipan," katanya.

Berdasarkan pengumumam Bupati Dharmasraya Nomor 800/783/BKPSDM-2018 sebayak 4.468 pelamar CPNS asal daerah itu dinyatakan lulus administrasi, selanjutnya akan mengikuti tahapan CAT.

Sementara lokasi ujian CAT untuk pelamar CPNS daerah itu dilaksanakan di Kota Solok, bergabung dengan empat daerah lainnya, yakni Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kota Solok, dan Kabupaten Solok

"Sedangkan jadwal tes masih menunggu ketentuan Badan Kepegawaian Negara (BKN), pelamar diminta memantau perkembangan pendaftaran melalui situs resmi BKN," tambahnya. (*)