IHSG menguat seiring respon positif investor terhadap infrastruktur

id Saham,IHSG,BEI

IHSG menguat seiring respon positif investor terhadap infrastruktur

Karyawan melintas di antara monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (16/3). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18./)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu dibuka menguat seiring respon positif investor terhadap pembangunan infrastruktur.

IHSG dibuka menguat 18,49 poin atau 0,32 persen menjadi 5.815,28. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 4,60 poin atau 0,51 persen menjadi 916,43

"Di tengah sentimen ketidakpastian perang dagang yang dapat terdampak bagi perekonomian dunia, saham di BEI melanjutkan penguatan," kata Kepala Riset Valbury Sekuritas, Alfiansyah di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan investor merespon positif upaya pemerintah untuk tidak mengandalkan APBN dan keterlibatan BUMN dalam membiayai infrastruktur karena memiliki keterbatasan, pemerintah membuka ruang pihak swasta dalam pembiayaan infrastruktur.

"Keterlibatan swasta sangat membantu untuk mengatasi kekurangan anggaran pemerintah di tengah kebutuhan pembangunan infrastruktur yang terus ditingkatkan," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, bursa saham di kawasan Asia yang cenderung bergerak menguat pada hari ini (10/10) turut menjadi sentimen positif bagi IHSG.

Analis Henan Putihrai Sekuritas, Indra mengatakan investor melanjutkan aksi beli terhadap saham-saham berkapitalisasi besar, sehingga IHSG kembali menguat.

"Saham-saham berkapitalisasi besar dengan valuasi rendah menjadi incaran investor," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks nikkei menguat 5,84 poin (0,02 persen) ke 23.475,23, indeks Hang Seng menguat 260,30 poin (0,99 persen) ke 26.433,21, dan indeks Strait Times melemah 4,18 poin (0,13 persen) ke posisi 3.162,42. (*)