Perdesaan jadi prioritas pembangunan Pesisir Selatan

id desa, pessel

Perdesaan jadi prioritas pembangunan Pesisir Selatan

Salah satu penggunaan dana desa untuk pembangunan jalan desa. (Antara Sumbar/Tri Asmaini) (

Painan, (Antaranews Sumbar) - Program pembangunan kawasan pedesaan menjadi program prioritas Pemkab Pesisir Selatan untuk pengembangan dan peningkatan ekonomi pedesaan dan upaya pemerataan pembangunan .

"Ini disinkronkan dengan program pemerintah nagari yang anggarannya juga bersumber dari dana desa, " kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Hamdi di Painan, Selasa.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada 2018 memfokuskan program pembangunan Kawasan Pedesaan dengan menjadikan empat kecamatan sebagai sasaran program yaitu Kecamatan Bayang Utara berupa pertanian organik, Batang Kapas dengan perkebunan durian, Pancung Soal dan Air Pura untuk sentra jagung.

Ia mengatakan selain empat kecamatan yang menjadi fokus proga, pembangunan di kawasan wisata juga di lakukan, salah satunya Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

" Jika telah ditetapkan sebagai kawasan pembangunan kawasan pedesaan, program tersebut ditindaklanjuti dengan rencana aksi nagari yang berada dalam kawasan oleh dinas terkait," katanya.