Pelantikan Wako-Wawako, Sawahlunto disarankan serius garap pariwisata

id pelantikan

Pelantikan Wako-Wawako, Sawahlunto disarankan serius garap pariwisata

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyarankan pasangan kepala daerah Kota Sawahlunto yang baru, Deri Asta dan Zohirin Sayuti fokus mengembangkan potensi pariwisata daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (ANTARASUMBAR/Miko Elfisha)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyarankan pasangan kepala daerah Kota Sawahlunto yang baru, Deri Asta dan Zohirin Sayuti fokus mengembangkan potensi pariwisata daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sawahlunto punya banyak potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Jangan disia-siakan," katanya saat melantik pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto 2018-2023 di Padang, Senin.

Potensi pariwisata Sawahlunto diantaranya bekas tambang batu bara PT Bukit Asam yang tidak berproduksi lagi kemudian bangunan lama peninggalan Belanda.

Dua hal itu bahkan sedang diusulkan sebagai warisan budaya dunia yang dapat menjadikan daerah wisata edukasi sejarah.

Objek wisata lain juga ada di Sawahlunto seperti Danau Biru, Puncak Cemara, Kawasan Silo Sawahlunto, Museum Gudang Ransoem dan lainnya juga berpotensi menjadi destinasi unggulan.

"Pemkot Sawahlunto mesti dapat menggali ini sebagai salah satu daya tarik untuk pariwisata. Apalagi, pariwisata ini dapat mendorong investor untuk berinvestasi di Sawahlunto," ujarnya.

Selain itu Irwan juga mengingatkan agar kepala daerah terpilih tidak semena-mena mengganti pejabat yang ada saat ini atas dasar suka atau tidak suka maupun karena tim sukses.

"Ini adalah kewenangan kepala daerah. Tapi penggantian pejabat sebaiknya dilakukan berdasarkan kebutuhan dan sesuai aturan," katanya.

Wali Kota Sawahlunto Deri mengatakan pihaknya akan berbuat yang terbaik untuk kemajuan Sawahlunto.

Program dan kegiatan akan disesuaikan dengan visi dan misi yang disampaikan kepada masyarakat saat kampanye.*