UNP bersiap jadi yang terbaik di Asia Tenggara

id UNP

Rektor Univeristas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri (kiri) memberikan selamat kepada mahasiswa yang diwisuda dalam wisuda ke-112 di Auditorium UNP Padang, Minggu (Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Negeri Padang (UNP) mempersiapkan diri menjadi universitas unggul di kawasan Asia Tenggara pada 2020.

Rektor UNP Prof Ganefri dalam rapat wisuda ke-122 di Padang, Minggu mengatakan tantangan perguruan tinggi semakin berat, persaingan tidak hanya terjadi antar perguruan tinggi dalam negeri tapi juga dengan perguruan tinggi luar negeri.

"Untuk itu, seluruh aspek yang kita miliki untuk mencapai hal tersebut harus dimaksimalkan," kata dia.

UNP memiliki visi menjadi salah satu universitas unggul di kawasan Asia Tenggara di bidang ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni pada 2020 berdasarkan ketakwaan. Dalam mencapai hal tersebut, pihaknya terus berupaya melaksanakan visi tersebut dengan startegi yang tepat dan terukur.

Visi tersebut menyiratkan cita-cita UNP menjadi "Global University" atau universitas dunia sehingga UNP terus membenahi kurikulum pendidikan yang diselaraskan dengan iklim bisnis dan industri yang semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Mulai dari proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan mengoptimalkan perkembangan multimedia termasuk pemanfaatan sarana dan prasarana berbasis online.

"Tentu saja kita melakukan pembenahan dengan masif," katanya.

Usaha itu merupakan sebuah komitmen yang sudah dirintis, dirancang, dan disiapkan sejak lama. Dengan semakin berkembangnya kompetisi dan kesadaran terhadap pentingnya mutu dan profesionalisme sejalan dengan diperolehnya akreditasi A sejak akhir tahun 2016. Upaya UNP menuju global university telah dilaksanakan secara serius dan matang.

Didukung dengan sumber daya serta memperhitungkan tantangan dan peluang di masa depan. Secara holistik, program ini harus dipandang sebagai bagian dan strategi nasional bangsa untuk mampu bersaing secara global.

"Kesiapan UNP menjadi global University sejalan dengan rencana dan sasaran strategis Kemenristekdikti," katanya.

Dalam implementasi Restra Kemenristek Dikti tersebut, UNP telah melakukan beberapa hal. Yaitu penggunaan teknologi melalui integrasi antara keterhandalan teknologi berbasis internet dengan lini kurikulum.

"Pemanfaatan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing sehingga mampu menjadi universitas unggul melalui program berbasis jaringan seperti e-learning, e-research, e-library, e-student activity, dan lainnya," kata dia.

Universitas Andalas mewisuda 3.103 mahasiswa yang dilaksanakan 15 hingga 17 September 2017 di Auditorium UNP Kota Padang, Sumatera Barat.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar