Kemendag galakan penggunaan komponen dalam negeri

id ekspor,komponen dalam negeri,kemendag

Kemendag galakan penggunaan komponen dalam negeri

Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati. (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Perdagangan tengah menggalakan penggunaan komponen dalam negeri untuk produk ekspor sebagai upaya meningkatkan daya saing sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi lebih optimal.

"Menguatnya dolar Amerika Serikat akan menguntungkan ekspor jika komponen lokal pada komoditas yang diekspor tinggi," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu usai acara bimbingan teknis Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia di Negara Mitra Dagang bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Andalas.

Menurutnya kalau konten lokal komoditas ekspor tinggi, Indonesia akan diuntungkan apalagi saat ini dolar sedang mahal.

"Namun terkadang konten lokal komoditas ekspor agak rendah, untuk bahan baku banyak diimpor juga dan karena menggunakan dolar merepotkan eksportir," kata dia.

Ia mengatakan Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Perindustrian mendorong industri dalam negeri meningkatkan komponen lokal.

Kita sedang mencoba mengupayakan komoditas ekspor komponennya dibuat dari barang-barang yang diproduksi di Indonesia, ujarnya.

Ia mengakui kendati agak berat tapi harus dimulai dan digalakan dari sekarang untuk meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia. (*)