Harga cabai merah stabil di padang

id Cabai merah,Harga Cabai Merah

Harga cabai merah stabil di padang

Harga cabai merah stabil di Padang. (Antara Sumbar/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Harga cabai merah tingkat pedagang di Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat stabil dalam sepekan terakhir yakni Rp20 ribu per kilogram.

"Harga cabai saat ini masih normal," kata salah seorang pedagang Pasar Raya Padang Narul Kancia di Padang, Jumat.

Menurutnya pasokan cabai merah rata-rara berasal dari Pulau Jawa dan Kerinci Provinsi Jambi, apabila pasokan cabai sedikit maka harga akan merangkak naik.

Kemudian bahan pokok lain yang stabil adalah bawang putih di kisaran harga Rp20 ribu per kilogram, hingga saat ini tidak ada kenaikan dan cukup stabil.

Sedangkan untuk bawang merah, lanjutnya mengalami penurun harga yakni Rp20 ribu per kilogram, padahal bawang merah ini sebelumnya dijual sekitar Rp26 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram.

Pedagang lain, Anto T mengatakan bawang merah ini dipasok dari Solok dan yang membuat harganya turun karena masuknya pasokan bawang merah dari Pulau Jawa masuk sehingga berdampak pada harga bawang lokal.

Salah seorang pembeli Nurahmi (35) mengatakan saat ini harga bahan pokok tidak ada yang naik signifikan.

Ia berharap harga tetap stabil dan terus bertahan karena apabila harga bahan pokok naik akan membebani perekonomian masyarakat.

"Kita tentu berharap harga bahan pokok ini turun dan dapat dijangkau oleh masyarakat," kata dia.

Sementara Pemerintah Sumatera Barat menargetkan produksi cabai merah pada 2018 sebanyak 83.170 ton atau naik 778 kilogram dari proyeksi 2017 yakni 82.392 ton.

Sebelumnya Kepala Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat Endy Dwi Tjahjono mendorong dilaksanakannya perdagangan komoditas pangan strategis antar daerah sebagai upaya pengendalian inflasi.

"Untuk pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar sudah berkomitmen mewujudkannya dengan melakukan uji coba dengan beberapa kabupaten kota sebagaimana disepakati dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)," kata dia.

Menurutnya komoditas strategis yang menjadi perhatian dalam perdagangan antar daerah yang selama ini kerap memicu inflasi adalah daging ayam, bawang merah dan cabai merah. (*)