Kata gubernur, kemajuan UMKM Bukittinggi butuh sinergitas banyak pihak

id Umkm, wurausaha, sumbar

Ilustrasi produk UMKM - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama/18

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan kemajuan

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah tersebut bergantung pada sinergitas beberapa pihak terkait.

"Apabila sinergitas antara pemangku kepentingan dengan pelaku UMKM dapat berjalan dengan baik, maka akan tercipta UMKM yang berkelas," katanya dalam rangkaian kegiatan Bung Hatta Fest yang digelar di Bukittinggi, Minggu.

Ia menyebutkan, beberapa pihak yang yang ikut terlibat dalam hal tersebut adalah pemerintah, akademisi, komunitas atau lembaga, media serta pelaku bisnis atau UMKM.

Menurut dia, kelima pihak tersebut memiliki peran yang penting dalam upaya memajukan serta menciptakan UMKM yang berkelas sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kepada pelaku UMKM dan para pemangku kepentingan, mari saling bersinergi untuk menciptakan UMKM yang berkelas," ujarnya.

Selanjutnya ia mengharapkan agar UMKM yang ada di Sumbar memiliki daya saing, oleh sebab itu dibutuhkan berbagai upaya untuk dapat mencapai hal tersebut.

Menurutnya, sudah menjadi tugas bersama bagaimana cara meningkatkan mutu pruduk, menciptakan inovasi serta meningkatkan promosi agar produk itu dapat masuk ke pasar internasional.

Selain itu ia menilai produk UMKM menjadi salah satu penunjang dari aktifitas pariwisata di Sumbar. Sebab setiap wisatawan yang datang berkunjung membutuhkan buah tangan untuk dibawa ke daerah mereka masing-masing.

"Pariwisata dan UMKM saling mendukung, setiap wisatawan membutuhkan buah tangan dengan ciri khas daerah tersebut," kata dia.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Bung Hatta Fest, Sepris Yonaldi mengatakan kegiatan tersebut merupakan sebuah upaya agar seluruh UMKM yang ada di Sumbar dapat naik kelas.

Saat ini pada umumnya unit usaha yang ada di Sumbar maupun di Indonesia masih berada dalam skala mikro atau menengah, melalui kegiatan ini diharapkan agar unit-unit usaha tersebut dapat meningkat ke skala yang lebih besar.
Pewarta :
Editor: Azhari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar