Atlet anggar Asian Games manfaatkan libur latihan dengan outbond

id atlet anggar,asian games

Atlet anggar Asian Games manfaatkan libur latihan dengan outbond

Ilustrasi - Atlet Anggar/ ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/foc/16. (antara foto)

Samarinda, (Antaranews Sumbar) - Atlet anggar yang tergabung dalam program pemusatan latihan nasional di Samarinda, Kalimantan Timur, memanfaatkan waktu libur latihan dengan melaksanakan kegiatan "outbound".

Kegiatan yang berlangsung di Rumah Ulin Arya, Jalan Teluk Batu, Kelurahan Sempaja Utara, Samarinda, Sabtu (28/7), itu, diikuti semua atlet Pelatnas Asian Games 2018, termasuk pelatih.

Manajer Timnas Anggar Muslimin ditemui di Samarinda, Minggu, mengatakan bahwa program "refreshing" telah dijadwalkan rutin bagi para atlet dengan bentuk dan kegiatan yang berbeda-beda.

"Kadang anak-anak nonton bioskop, makan bersama dan liburan di sejumlah tempat wisata. Kebetulan kemarin mereka menjalani outbound di Rumah Ulin untuk menghilangkan penat setelah latihan," jelas Muslimin.

Menurut ia, kegiatan tersebut dilakukan agar para atlet merasa lebih rileks dan bisa menyerap semua program latihan dengan lebih maksimal.

"Refreshing itu penting untuk psikologis para atlet, sebab sejak Maret 2018 mereka fokus menjalani pelatnas. Atlet dibebankan latihan dan uji tanding dengan kondisi jauh dari keluarga, tentu hal ini memengaruhi psikologis mereka," kata Muslimin.

Di Rumah Ulin Arya, para atlet dan pelatih tampak menikmati keseruan berbagai permainan, seperti permainan mengisi air dalam pipa yang bocor yang membutuhkan kekompakan agar pipa terisi air hingga penuh.

"Harapannya dengan refreshing ini atlet bisa lebih rileks dan mengembalikan fokus mereka sebelum Asian Games. Intinya kita menghindarkan mereka dari faktor jenuh, selain juga menjaga kekompakan dan semangat juang dalam menghadapi Asian Games," ucap Muslimin.

Pihaknya memilih Rumah Ulin Arya sebagai destinasi kegiatan karena suasana dan fasilitasnya sangat mendukung.

Menurut Muslimin, Rumah Ulin Arya juga sudah tidak asing dengan kehadiran para atlet, karena pernah dikunjungi atlet Puslatda Kaltim untuk PON 2016 silam.

"Kita memilih Rumah Ulin Arya di Bayur untuk refreshing karena fasilitasnya bagus dan lokasinya tepat, jauh dari keramaian. Tempat itu juga yang dulu dipakai atlet-atlet Puslatda Kaltim," tambahnya.