Anggar Nan Tujuah Duku Juara Randai Kreasi

id Anggar

Anggar Nan Tujuah Duku Juara Randai Kreasi

Wali Nagari Duku, Darmaizon, berfoto bersama usai mewakili Sanggar Seni Anggar Nan Tujuah Simawuang Simate mengambil hadiah (Didi Someldi/Antara Sumbar)

Painan, (Antara Sumbar) - Sanggar Seni Anggar Nan Tujuah Simawuang Simate, Nagari atau Desa Adat Duku, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir selatan, Sumatera Barat, juara satu pada Lomba Randai Kreasi di Festival Pesona Mandeh 2017.

"Grup randai kreasi Sanggar Seni Anggar Nan Tujuah Simawuang Simate hampir sebagian merupakan pelajar Sekolah Dasar dan hanya dua orang saja yang duduk di bangku SMP," kata Ketua Pembina Sanggar Seni Anggar Nan Tujuah Simawuang Simate, Rian usai menerima hadiah atas prestasi yang diraih sanggar tersebut di Painan, Minggu.

Ia menyebutkan walaupun masih duduk di bangku sekolah dasar anak didiknya mampu menunjukkan kemampuan terbaik dengan mengalahkan sanggar lainnya yang beranggotakan rata-rata berusia belasan hingga dua puluhan tahun.

"Kami melakukan persiapan lebih kurang sepuluh hari sebelum perlombaan namun sebelumnya kami tetap menggelar latihan rutin," katanya.

Rian mengatakan memang membutuhkan langkah khusus untuk memotivasi anggota sanggar namun berkat kegigihan serta dukungan dari keluarganya masing-masing juara satu berhasil mereka raih.

"Selain belia untuk diberikan target, tenaga mereka juga tidak bisa terlalu dimaksimalkan, namun berkat dorongan dari semua pihak kami berhasil meraih juara satu," katanya lagi.

Wali Nagari Duku, Darmaizon, mengapresiasi prestasi Sanggar Seni Anggar Nan Tujuah Simawuang Simate, ia mendorong pimpinan sanggar menjadikan hal itu sebagai cambuk untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan mengatakan lomba randai kreasi diikuti oleh sanggar seni yang berkedudukan di Kecamatan Koto XI Tarusan dalam rangka memeriahkan Festival Pesona Mandeh 4-7 mei 2017.

Selain randai kreasi juga terdapat lomba lainnya yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Koto XI Tarusan seperti memasak makanan tradisional dan nasional.

Selain itu selama Festival Pesona Mandeh juga ada lomba perahu hias, foto bawah laut, dan lainnya. (*)