SMPN 3 Lubukbasung Agam juara umum O2SN tiga tahun berturut-turut

id juara umum O2SN

SMPN 3 Lubukbasung Agam juara umum O2SN tiga tahun berturut-turut

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Agam, Jetson menyerahkan piala kepada Kepala SMPN 3 Lubukbasung, Rabu (25/7). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Ini merupakan prestasi yang luar biasa dari SMPN 3 Lubukbasung dan keberhasilan ini bisa dicontoh oleh sekolah lain
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, keluar sebagai juara umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat daerah itu selama tiga tahun berturut-turut semenjak 2016-2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Agam, Jetson di Lubukbasung, Rabu, mengatakan dengan keberhasilan mempertahankan juara umum secara berturut-turut, maka SMPN 3 Lubukbasung berhak mendapat tropi tetap O2SN tingkat Kabupaten Agam.

"Ini sudah menjadi aturan dalam setiap pertandingan," katanya.

Ia mengatakan, SMPN 3 Lubukbasung merupakan sekolah pertama yang meraih juara umum secara berturut-turut.

Sebelumnya sekolah hanya meraih juara umum satu sampai dua kali, setelah itu direbut oleh sekolah lain.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa dari SMPN 3 Lubukbasung dan keberhasilan ini bisa dicontoh oleh sekolah lain," katanya.

Ia menambahkan, SMPN 3 Lubukbasung meraih delapan medali emas, delapan medali perak dan empat medali perunggu pada O2SN yang digelar pada April 2018.

Medali emas ini diraih pada cabang pencak silat dua medali, bulutangkis satu medali, renang tiga medali dan cabang lainnya.

"Siswa yang meraih medali emas itu mewakili Agam pada O2SN tingkat Sumbar," tambahnya.

Sementara Kepala SMPN 3 Lubukbasung, Rusdi menambahkan, pencak silat, bulutangkis dan renang ini merupakan cabang olahraga andalan dari sekolah itu.

Kedepan, cabang olahraga itu akan digenjot sehingga bisa meraih medali emas sebanyak mungkin, agar siswa bisa meraih medali emas pada tingkat Sumbar dan mewakili provinsi ke tingkat nasional.

"Ini target kita saat O2SN 2019, agar bisa merebut kembali juara umum dan mewakili Sumbar tingkat nasional," katanya. (*)