Serikat pekerja industri semen kongres di Padang

id serikat pekerja industri semen

Serikat pekerja industri semen kongres di Padang

Panitia Kongres Nasional V Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia di Padang. Antara Sumbar./istimewa.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 100 peserta dari sembilan serikat pekerja mengikuti kegiatan Kongres Nasional V Federasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia yang berlangsung di Padang pada 18 - 19 Juli 2018.

Ketua Panitia Kongres Nasional V FSP ISI Hendri Priparis di Padang, Selasa saat pembukaan kongres mengatakan kegiatan juga diikuti pengawas internal dan dewan penasehat FSP ISI.

Ia menyampaikan kongres diikuti Serikat pekerja Indocemen Tunggal Perkasa (ITP), SP ITP Cirebon, SP ITP Tarjun, Serikat Kerja Semen Tonasa, SP Holcim, SP Semen Baturaja, SP Semen Padang, SP Nusantara-Holcim Cilacap, dan SP Semen Kupang.

Hendri mengatakan tema yang diangkat dalam acara ini adalah Bangkit dan Bergerak Bersama Membagun Indonesia.

"Kami berharap kongres bisa menghasilkan kepengurusan yang lebih kompak dan lebih solid serta program-program kerja diharapkan mampu menyejahterakan karyawan industri Semen Indonesia," katanya.

Sementara Direktur Operasional PT Semen Padang Firdaus mewakili manajemen menyatakan pihaknya bermitra dengan SPSP mendukung penguatan serikat pekerja untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan, sesuai dengan semboyan "Semen Padang Jaya, Karyawan Sejahtera".

"Kami mengucapkan selamat kepada FSP ISI yang telah memilih Kota Padang sebagai tempat kongres V tahun 2018 ini," kata Firdaus.

Ia menambahkan pekerja yang terhimpun dalam serikat pekerja secara hukum dan ekonomi merupakan mitra perusahaan, oleh karena itu keberadaannya bukan momok perusahaan, karena berperan penting dalam meningkatkan keuntungan dan nilai perusahaan.

"Ketika perusahaan melaksanakan "good corporate governance", Serikat Pekerja juga dapat mendorong perusahaan dalam mencapai tujuannya," kata dia.

Ia juga mendapat informasi bahwa SPSP bergabung dengan FSP ISI yang berafiliasi dengan KSPI sebagai konfederasi nasional dan Industrial All untuk Global Union..

Rangkaian kegiatan Kongres V FSP ISI 2018 sebelumnya telah dilaksanakan berupa Workshop South East Asia Regional Cement Network Meeting dengan menghadirkan Matthias Hartwich dari Industrial All.

Hadir pada pembukaan kongres, Ketua Umum FSP ISI Widjajadi, Director Industry Material Industrial All, Martthias Hartwich, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia H.M Said Iqbal, Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Widodo Santoso, dan Direktur Operasional PT Semen Padang Firdaus. (*)