Koordinator Kopertis X nilai kuliah "online" lebih efisien

id Kopertis

Koordinator Kopertis X nilai kuliah "online" lebih efisien

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Antara sumbar/M R Denya) (Antara sumbar/M R Denya/)

Padang, 16/7 (Antara) - Koordinator Kopertis wilayah X Prof Herri mengatakan kuliah secara dalam jaringan (daring) yang tengah dikembangkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi akan lebih efisien dibanding sistem tatap muka.

"Efisiensinya baik dalam hal biaya, waktu dan metodenya," ujar dia di Padang, Senin.

Menurutnya dengan kuliah dalam jaringan yang melibatkan banyak mahasiswa tidak dibatasi waktu dan tempat akan mengurangi biaya misalnya untuk tempat tinggal, transportasi atau konsumsi.

Dengan kuliah dalam jaringan, mahasiswa di mana pun berada dapat melakukan diskusi, komunikasi dengan dosen sesuai kesepakatan yang dibuat.

Dia mencontohkan di Kuala Lumpur Malaysia terdapat Universitas Elektronik Asia yang dipusatkan di suatu negara namun terkoneksi di 34 negara.

Sama seperti Universitas Terbuka di Indonesia yang telah baik dan berpengalaman dalam pengembangan kuliah tanpa tatap muka langsung tersebut.

Efisiensi lain dari kuliah daring dalam hal sarana prasarana juga akan lebih minimal digunakan, hanya saja memang kampus yang akan menggunakan sistem juga perlu memiliki infrastruktur komputer yang baik pendukung sistem jaringan.

Untuk itu guna mempercepat implementasi di kampus swasta di bawah binaan Kopertis X , pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Universitas Terbuka terkait pengembangannya.

Nantinya mata kuliah wajib atau mata kuliah dasar umum dapat disamakan dengan kurikulum di Universitas Terbuka sehingga dapat ikut kuliah daring.

Hanya saja kata dia, dalam perkembangannya 250 kampus yang ada dapat menindaklanjuti kerja sama tersebut.

Beberapa kampus yang memiliki akreditasi B secara institusi telah dapat mengembangkan kerja sama tersebut.

Terlebih saat ini Kemenristekdikti menyediakan 400 grand untuk kampus yang mengembangkan kuliah daring tersebut. ***4***