Bupati: Mari semua pihak berkomitmen bangun geopark Silokek

id Silokek

Bupati: Mari semua pihak berkomitmen bangun geopark Silokek

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin sampaikan arahan kepada semua pihak agar komitmen dalam mengembangkan geopark Silokek. (Ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengajak semua pemangku kepentingan untuk serius membangun dan menangani wisata geopark Silokek.

"Mulai dari kelompok yang sudah disepakati menangani obyek wisata di nagari-nagari, mari satukan tekat, satu niat dan satu langkah sehingga kebersamaan kita bisa menjadi kekuatan untuk pengembangan Geopark Silokek," kata Bupati Sijunjung dalam kegiatan FGD di Gedung Pancasila Muaro, Kamis (5/7).

Untuk pengembangan Geopark itu, menurut dia, memerlukan banyak hal masukkan, apakah berupa flora dan fauna, nilai sejarah maupun budaya sehingga analisa Geopark Silokek memenuhi syarat dan bisa di expose ditingkat Nasional.

Sebab tujuan pengembangan geopark tersebut memiliki tujuan mulia untuk merubah pola pikir (mindset) pemanfaatan sumber daya alam khususnya sumber daya geologi.

Lebih lanjut, kata bupati, riset yang dilakukan harus oleh banyak pihak, kajiannya pun meliputi banyak bidang dan harus saling berkerja sama untuk mengembangkan geopark ini.

Sijunjung sangat kaya dengan berbagai keragaman potensi geologi, alam, dan budaya serta keragaman fauna dan floranya, itu adalah aset bagi pengembangan pariwisata sehingga dapat menjadi daya tarik yang unik.

"Pada 21 Juli 2018 mendatang Buya Safi’i Ma’arif akan ke Sijunjung, nanti kita coba tawarkan karena beliu sangat berpengaruh dalam menggalangi membangun infrastruktur melalui Lembaga Kementerian," ujarnya.

Keindahan alam Sumatera Barat yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai area wisata yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Sijunjung adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki bermacam-macam obyek wisata, ujar Yuswir.*