Tingkatkan kinerja pembangunan gender, aparatur camat diberi sosialisasi

id Gender

Tingkatkan kinerja pembangunan gender, aparatur camat diberi sosialisasi

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy memberi arahan pada pembukaan sosialisasi program gender (Ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar sosialisasi penguatan kelembagaan pengarusutamaan gender (PUG) bagi aparatur Kecamatan dan Nagari se-Kabupaten Sijunjung.

Hal tersebut merupakan bagian dari program penguatan kelembagaan PUG dan menjadi fasilitasi bagi organisasi perempuan.

Kegiatan berlangsung di Gedung Pancasila Muaro pada 28 Juni 2018, dihadiri Wakil Bupati Sijunjung, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung.

Dalam laporan panitia, Kasi Kesetaraan Gender dan Perlindungan Hak Perempuan Dinas PP dan PA , Zen Hayani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan tujuan untuk melindungi dan memenuhi hak asasi manusia dan menjamin keadilan pembangunan serta miningkatkan kinerja pembangunan Gender.

Narasumber berasal dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar, Ernalis A.Pi, M.Si dan Dosen Universitas Negeri Padang (UNP), Fatma Reza, M.Hum.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy foto bersama usai memberi arahan pada pembukaan sosialisasi program gender (Ist)


Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy dalam arahan ya sosialisasi dilaksanakan diharapkan menghasilkan rekomendasi berupa kegiatan strategis sebagai bentuk solusi penguatan kelembagaan dalam upaya mendorong percepatan pelaksanaan PUG di daerah, khususnya di Kecamatan dan Nagari yang ada di Kabupaten Sijunjung.

"Penduduk perempuan di Sijunjung masih cukup tertinggal dan mengalami kesenjangan khususnya dalam pembangunan dibanding laki-laki," katanya.

Untuk itu, permasalahan pembangunan perlu dikelola secara profesional yang responsif gender yang menuntut semua aparatur pemerintah daerah, terlebih bagi Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten untuk terlibat", tambahnya.*