32.000 orang, petugas yang disiapkan Emzalmi-Desri untuk kawal TPS

id fokus pilkada,pilkada padang,emzalmi-desri

32.000 orang, petugas yang disiapkan Emzalmi-Desri untuk kawal TPS

Ilustrasi - Pilkada (ANTARA SUMBAR/Laras Robert)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pasangan calon Wali Kota Padang Emzalmi - Desri Ayunda menyiapkan 32.000 petugas untuk mengawal Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan 27 Juni 2018.

Ketua tim pemenangan pasangan calon Emzalmi-Desri Ayunda, Wahyu Iramana Putra di Padang, Senin mengatakan satu orang akan bertugas sebagai saksi dan sembilan belas orang mendampingi di luar TPS untuk mengawal proses pemungutan suara.

"Seluruh petugas tersebut telah dilatih oleh konsultan yang kami tunjuk agar dapat menjalankan tugas dengan baik," kata pria yang menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Kota Padang itu.

Menurutnya petugas tersebut akan mengawal 1.600 TPS di seluruh kota itu dan mereka bertugas memberikan laporan melalui pesan aplikasi telepon pintar WhatsApp terkait kejadian di lokasi pemungutan suara.

"Apabila terjadi kecurangan di salah satu TPS kami tentu akan langsung mengetahui hal tersebut," ujarnya.

Selain itu petugas juga mengirimkan rekapitulasi hasil akhir pemilihan di TPS melalui aplikasi tersebut dan akan dikoordinir per kelurahan. Setelah data di kelurahan lengkap, laporan tersebut dikirim kepada koordinator kecamatan dan dikumpulkan secara keseluruhan untuk tingkat kota.

"Minimal satu jam setelah penghitungan suara di TPS kami telah mengetahui hasil pemilihan tersebut," katanya.

KPU Kota Padang mulai mendistribusikan surat suara untuk pilkada pada 25 hingga 26 Juni 2018.

"Surat suara didistribusikan ke 104 kelurahan meliputi 1.600 tempat pemungutan suara (TPS)," kata Koordinator Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Padang, Mahyudin.

Ia menyebutkan jumlah surat suara yang akan didistribusikan itu berdasarkan jumlah data pemilih tetap (DPT) yang sudah diputuskan KPU beberapa waktu lalu sebanyak 535.265 lembar ditambah 2,5 persen dari jumlah tersebut atau 14.176 lembar.

Pilkada Padang 2018 diikuti dua pasang calon yaitu Emzalmi-Desri Ayunda nomor urut satu yang diusung tujuh partai dan Mahyeldi-Hendri Septa nomor urut dua yang diusung PKS dan PAN.

Emzalmi merupakan Wakil Wali Kota Padang petahana yang berpasangan dengan Mahyeldi pada Pilkada Padang 2013 dan tampil sebagai pemenang.

Sedangkan Wakil Emzalmi, Desri Ayunda pada pilkada Padang 2013 juga mencalonkan diri sebagai wali kota berpasangan dengan James Helyward

Sementara Mahyeldi merupakan wali kota petahana yang kembali mencalonkan diri dan berpasangan dengan Ketua DPD PAN Padang Hendri Septa. (*)