Ratusan wisatawan tertahan di Pulau Angso Duo

id wisatawan

Ratusan wisatawan tertahan di Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo Pariaman. (Antara)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Sekitar 200 wisatawan dari berbagai daerah tertahan di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumatera Barat akibat cuaca buruk dan hujan deras yang melanda daerah itu sejak Sabtu sore .

"Memang benar sekitar 200 lebih wisatawan tertahan di Pulau Angso Duo hingga malam ini akibat cuaca buruk sehingga belum bisa kembali ke darat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Elfis Candra di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan ratusan wisatawan tersebut dipastikan dalam kondisi aman karena telah ditempatkan di penginapan, mushala dan rumah singgah.

"Semua wisatawan termasuk anak-anak dalam kondisi baik, karena kami memiliki sarana prasarana rumah singgah, penginapan dan mushala di pulau tersebut," ujarnya.

Bahkan kata dia, pemerintah daerah juga mendirikan dapur umum untuk kesiapan logistik para wisatawan tersebut.

"Selain mendirikan dapur umum, tim gabungan yang terdiri dari Polri, Satpol-PP, Dinas perhubungan dan TNI juga disiagakan di lokasi tersebut untuk memastikan keamanan pulau," katanya.

Pihaknya menjelaskan berdasarkan ketentuan, batas waktu maksimal wisatawan diberikan izin di lokasi tersebut hanya sampai pukul 16.00 WIB.

Namun sekitar pukul 15.30 WIB cuaca buruk melanda daerah itu sehingga kapal tidak bisa membawa penumpang kembali ke daratan.

"Untuk masalah ketersediaan kapal wisata cukup, hanya saja cuaca tidak memungkinkan untuk membawa penumpang sehingga pemerintah daerah tidak mau mengambil risiko," ujarnya.

Namun kata dia, apabila kondisi cuaca mulai membaik maka ratusan wisatawan tersebut diupayakan diangkut kembali ke posko pemberangkatan.

"Kalau cuacanya mulai bagus kita upayakan mengangkutnya malam ini juga, namun apabila tidak memungkinkan maka terpaksa besok pagi," katanya.

Pihaknya meminta dan mengimbau para wisatawan yang tertahan di Pulau Angso Duo agar tidak panik.