Hingga H+5, retribusi objek wisata di Pesisir Selatan sebesar Rp402 juta

id Retribusi Pariwisata Pesisir Selatan,Libur lebaran

Hingga H+5, retribusi objek wisata di Pesisir Selatan sebesar Rp402 juta

Foto udara kawasan wisata Mandeh di Kab.Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin (24/4). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/17)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencatat retribusi penjualan tiket masuk di dua objek wisata, yakni objek wisata Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh hingga H+5 Lebaran 2018 mencapai Rp402,7 juta.

"Total tiket yang terjual di dua objek wisata mencapai 80.545 lembar dengan harga per lembarnya Rp5 ribu, jadi jika ditotal maka retribusi pada kedua objek wisata mencapai Rp402,7 juta," kata Kepala Dinas Pendapatan setempat, Dasrianto Putra di Painan, Jumat.

Ia menyebutkan secara keseluruhan pada 2018 target pendapatan asli daerah di sektor pariwisata sebesar Rp2,5 miliar. sementara sebelum masuknya Lebaran 2018 retribusi objek wisata sudah terkumpul sekitar Rp300 juta.

"Jadi, jika ditotal pendapatan asli daerah sektor pariwisata sudah terkumpul pada kisaran Rp700 juta," ungkapnya.

Ia memperkirakan menjelang berakhirnya libur Lebaran 2018 retribusi di kedua objek wisata akan terus meningkat karena hingga saat ini baik objek wisata Pantai Carocok Painan maupun KWBT Mandeh masih ramai dikunjungi wisatawan.

Selain itu juga terdapat beberapa objek wisata yang dikelola oleh masyarakat namun uang hasil penjualan tiketnya dibagi antara masyarakat dengan pemerintah kabupaten.

Besaran pembagiannya ialah, 10 persen untuk pemerintah dan 90 persen untuk pengelola.

Beberapa objek wisata yang menerapkan hal serupa ialah Objek Wisata Muaro Bantiang, Pulau Karam, Pantai Tan Sridano, Jembatan Akar, Pantai Sago, Pantai Sago dan lainnya.

Memaksimalkan pungutan retribusi pihaknya menerjunkan tim monitoring di setiap objek wisata dan setiap hari dituntut melaporkan besaran retribusi yang berhasil didapatkan.

"Target PAD sektor pariwisata tahun ini jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp1,5 miliar untuk itu kami bertekad untuk mengawal pencapaiannya," ungkapnya.

Berdasarkan catatan Dinas Pendapatan setempat pada libur Lebaran 2017, retribusi di objek wisata Pantai Carocok Painan dan juga KWBT Mandeh mencapai Rp466 juta dari penjualan karcis sebanyak 93.300 lembar. (*)