Sumbar gelar Sumarak Ramadhan 1445 H perkuat branding wisata halal

id Sumarak Ramadhan 1445 H,Sumbar,Dinas Pariwisata sumbar,Bank,Uang,Uang Baru,Penukaran Uang,Uang Pecahan Baru,Lebaran,Puas

Sumbar gelar Sumarak Ramadhan 1445 H perkuat branding wisata halal

Agenda Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah akan digelar pada 22-31 Maret 2024. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah pada 22-31 Maret 2024 untuk memperkuat branding wisata halal di daerah itu.

"Sumbar sudah memiliki Perda Nomor: 1 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pariwisata Halal. Sumarak Ramadhan menjadi salah satu agenda untuk memperkuat branding itu," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar Asril di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, agenda yang masuk dalam kalender pariwisata Sumbar 2024 itu rencananya akan digelar di Masjid Raya Sumbar yang menjadi ikon wisata halal daerah itu, dan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

"Tahun ini adalah tahun kedua kita melaksanakan agenda Sumarak Ramadhan ini. Selain memperkuat branding wisata halal diharapkan kegiatan ini juga berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumbar," katanya.

Ia menyebutkan, sasaran utama dari agenda itu adalah peningkatan pergerakan wisatawan di dalam daerah. Namun tidak menutup kemungkinan bisa menarik wisatawan mancanegara terutama Malaysia, karena penerbangan langsung Padang-Kuala Lumpur tetap buka selama Ramadhan.

Ketua Penyelenggara Sumarak Ramadhan, Riki menyebutkan, agenda Sumarak Ramadhan 2024 lebih semarak dibandingkan 2023. Beragam kegiatan yang melibatkan masyarakat dan anak-anak disiapkan sebagai salah satu daya tarik.

"Kita siapkan beragam kegiatan seperti lomba-lomba bernuansa agama bagi anak-anak yang diharapkan akan semakin meramaikan acara," katanya.

Selain itu juga akan ada beberapa kegiatan yang menarik, seperti sumarak kuliner yang menghadirkan pasa pabukoan (pasar takjil), pameran kuliner lokal, dan area makan dan minum bagi pengunjung.

Kemudian sumarak ekraf yang menampilkan bazar produk ekraf dari UMKM Sumbar dan bazar buku.

Lalu sumarak fashion yang menampilkan bazar fashion muslim dewasa dan bazar produk kosmetik.

Kegiatan tersebut juga menampilkan eksibisi beragam produk otomotif, travel umroh hingga produk FMCG.

Sumarak Ramadhan 1445 Hijriah juga menyediakan wahana bermain untuk anak serta produk-produk fashion dan mainan anak.

"Kita tengah melakukan lobi ke sejumlah bank untuk bisa menghadirkan mobil penukaran uang baru di lokasi acara," kata Riki.*