Padang targetkan beberapa pasar satelit rampung pada 2019

id pasar raya

Pasar Padang. (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar menargetkan renovasi beberapa pasar satelit seperti di Belimbing, Tanah Kongsi dan Simpang Haru rampung pada 2019.

"Total ada enam belas pasar satelit yang ada di Padang dan direncanakan direvitalisasi, sejauh ini empat di antaranya sudah rampung," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal di Padang, Kamis.

Sejauh ini Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah, Nanggalo Kecamatan Nanggalo dan Alai Kecamatan Padang Utara telah rampung tahun lalu.

Masih ada Pasar Belimbing Kecamatan Kuranji, Tanah Kongsi Kecamatan Padang Selatan, dan Simpang Haru Kecamatan Padang Timur yang tengah dan akan direnovasi.

Khusus Pasar Belimbing yang terletak di perumahan terbesar di Padang, telah dirampungkan satu blok gedung pada tahun lalu, saat ini tengah dibangun tiga blok lagi dari empat blok yang direncanakan.

Diharapkan akhir tahun ini rampung dan awal 2019 dapat dimanfaatkan, secara total renovasi dan revitalisasi pasar termasuk jalan dan lahan parkir membutuhkan dana Rp6 Miliar.

Kemudian Pasar Tanah Kongsi tengah disiapkan pembangunannya yang mencapai Rp18 miliar, serta Pasar Simpang Haru yang disiapkan untuk pusat perbelanjaan integratif tengah tahap pelelangan.

Dari rencana awal empat tahun lalu, untuk membangun keseluruhan pasar satelit dibutuhkan anggaran Rp800 miliar.

Pasar lain yang tengah dilelang, dan direncanakan direvitalisasi yakni Pasar Tarandam Kecamatan Padang Timur, Pasar Bungus Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Pasar Pagi Kecamatan Padang Barat, Pasar Ulak Karang Kecamatan Padang Utara, Pasar Gaung Kecamatan Lubuk Begalung, Pasar Tabing, Balai Gadang dan Pasar Aie Pacah Kecamatan Koto Tangah.

"Di samping pasar satelit, diharapkan pada 2019 juga direnovasi pasar fase, dan beberapa pasar lain di komplek Pasar Raya," kata dia.

Total ujarnya revitalisasi pasar Fase membutuhkan anggaran Rp500 miliar, Pasar Raya Barat Rp400 miliar, pasar inpres telah rampung sebesar Rp247 miliar.

Terbaru tambahnya pihaknya melalui bantuan Kementerian Perdagangan tahun ini dengan anggaran Rp6 miliar membangun pasar buah yang letaknya tidak jauh dari pasar inpres yang telah rampung.

Pasar ini sedang dalam tahap pembangunan hingga akhir tahun ini dan awal 2019 sudah dapat digunakan. (*)
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar