Sukacita warga Padang Durian Pasaman Barat meriahkan Lebaran

id Hiburan rakyat Lebaran,Lomba Makan Kerupuk,Pesta Rakyat Pasaman Barat

Anak-anak di Padang Durian Pasaman Barat semangat mengikuti lomba makan kerupuk dalam mengisi liburan Idul Fitri 1439 Hijriah. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pelbagai cara dilakukan masyarakat menikmati liburan Idul Fitri 1439 Hijriah. Salah satunya adalah di Jorong Padang Durian Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengelar perlombaan makan kerupuk, senam dan panjat pinang.

"Kegiatan ini sengaja kami lakukan dengan tujuan agar anak-anak dan generasi muda terhindar dari kegiatan negatif saat libur lebaran," kata Ketua Pemuda Padang Durian, Ilham Hidayat di Simpang Empat, Senin.

Mereka menggelar lomba bersifat hiburan di lapangan dengan melibatkan anak-anak, pemuda, ibu-ibu dan orang tua. Dengan cara ini mereka berharap bisa menghidari generasi muda dari kegiatan negatif.

Menurutnya salah satunya adalah lomba makan kerupuk bagi anak-anak dan balita.

Saat lomba sejumlah perserta terlihat antusias mendaftarkan diri dan mengikuti lomba, karena pemenang akan diberikan hadiah.

Ia menyebutkan acara itu digelar sebagai bentuk peduli pemuda setempat dalam memeriahkan perayaan lebaran dan mengisi waktu libur anak-anak.

Selain anak-anak, sejumlah ibu-ibu juga mengikuti lomba senam dan kegiatan lainnya.

Sementara sebagai acara puncak pantiai juga menyediakan lomba panjang batang pinang dengan hadiah yang cukup besar seperti uang, makanan dan pakaian.

Pihaknya kedepannya akan terus menggelar acara serupa di lain momen kerena dengan acara tersebut bisa menyatukan dan menjalin silaturahmi masyarakat.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Devi Irawan memberikan apresiasi kepada warga yang mengadakan kegiatan selama libur lebaran.

"Kegiatan itu merupakan hal yang positif dengan harapan menghindari generasi muda dari kegiatan negatif," katanya.

Ia berharap pemuda di daerah lainnya bisa mengadakan kegiatan yang sama sehingga bisa memupuk silaturrahmi dan kekompakan antara sesama. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar