libur lebaran, ini destinasi wisata di Padang

id pantai padang

libur lebaran, ini destinasi wisata di Padang

Kolase keadaan di kawasan Pantai Padang Sabtu siang (17/3). (Antara Sumbar/M R Denya)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumbar mengandalkan wisata pantai dan pulau sebagai destinasi wisatawan untuk libur lebaran 1439 Hijriah.

"Selain Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang, ada sejumlah pantai di Bungus, Pasir Jambak dan pulau kecil di sekitar Bungus dan Air Manis," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Selasa.

Pertama KWT Gunung Padang yang terdiri atas gugusan pantai di Kecamatan Padang Selatan hingga Padang Barat sejauh ini menjadi primadona wisatawan baik dalam maupun luar daerah.

Beberapa objek wisata yang menjadi pusat keramaian seperti Monumen Merpati Perdamaian di Pantai Muaro Lasak, Pantai Cimpago dengan monumen IORA, keduanya hanya berjarak 1 hingga 2 kilometer dari pusat keramaian Padang, Pasar Raya.

Kemudian Pantai Muaro, yang terkenal dengan pelabuhan, Jembatan Siti Nurbaya dan Kota Tua yang jaraknya juga hanya 1 kilometer dari Pasar Raya.

Tidak jauh dari tempat tersebut terdapat bukit yang didesain untuk wisata jalan, marathon dan santai yakni Gunung Padang, terkenal dengan kisah Siti Nurbaya

yang melegenda.

Dalam hal ini pemkot telah menambahkan beberapa fasilitas seperti pondok dan renovasi makam Siti Nurbaya.

Ke sebelah selatan terdapat Bukit Gado-Gado yang memiliki tempat memandang laut Indonesia dan 500 meter setelahnya terdapat Pantai Air Manis.

Wisata andalan di pantai tersebut yakni Batu Malin Kundang, Pasir Putih yang luas serta konservasi penyu.

Berkaca libur lebaran tahun lalu sepuluh ribu lebih per hari datang ke Kawasan tersebut.

Tahun ini dengan penambahan beberapa sarana seperti perpanjangan trotoar serta angkutan wisata gratis mengitari semua kawasan diprediksi lebih meningkat.

"Pantai lain yang menjadi pilihan yakni pantai di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, dan Pasir Jambak, meski tingkat kunjungannya tidak sebanyak KWT Gunung

Padang," ujar dia.

Akan tetapi kata Medi pulau yang berada di sekitarnya seperti Pisang Gadang, Pisang Ketek, Swarnadwipa, Pasumpahan, Sikuai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan luar daerah.

Gugusan pulau yang dekat dengan Kawasan Mandeh tersebut libur lebaran tahun lalu dikunjungi seribu orang per harinya.

Di samping pantai pusat keramaian saat libur lebaran juga akan terjadi di beberapa pertokoan dan Pasar Raya yang beru diresmikan sejak 2017 lalu.

Dia berharap upaya Padang meningkatkan jumlah wisatawan dari tahun lalu 3,2 juta wisatawan menjadi 3,6 juta wisatawan, di mana sebagian besar didapatkan saat libur lebaran ini. (*)