Padang Pariaman sasar pemilih pemula tingkatkan partisipasi pemilu

id Pemilih Pemula Padang Pariaman

Padang Pariaman sasar pemilih pemula tingkatkan partisipasi pemilu

Peserta mengikuti Sosialisasi Politik Bagi Pemilih Pemula untuk siswa sekolah lanjutan tingkatan atas sederajat se-Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, Parit Malintang, Rabu (11/4). (Antara Sumbar/ Aadiaat M. S.)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menyasar pemilih pemula di daerah itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saat ini partisipasi pemilih kita hanya mencapai 70 persen," kata Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur di Parit Malintang, Rabu.

Hal itu ia sampaikan saat Sosialisasi Politik Bagi Pemilih Pemula untuk siswa sekolah lanjutan tingkatan atas sederajat di kabupaten itu, Rabu.

Ia mengatakan angka partisipasi tersebut tidak saja pada pemilihan legislatif dan kepala daerah namun juga pemilihan presiden 2014 lalu sehingga diperlukan upaya agar angka tersebut meningkat.

"Bahkan partisipasi pemilih pada pemilihan wali nagari untuk 74 nagari yang diselenggarakan pada 4 April kemarin juga rendah," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya melalui sosialisasi politik terhadap pemilih pemula yang merupakan anggota Osis di tingkat SMA, SMK, dan MAN di daerah itu dan mereka menyosialisasikannya kepada teman-temannya maka diharapkan ke depan dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih di daerah itu.

Sosialisasi tersebut akan berlanjut ke sejumlah pesantren di daerah itu sehingga peluang meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 dan pemilihan selanjutnya semakin besar.

Ia menekankan pentingnya partisipasi pemilih pada Pemilu karena dapat menentukan nasib bangsa ke depan apalagi Pemilu 2019 nanti pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan serentak.

"Oleh karena itu kita harapkan pemilih pemula dan masyarakat mau menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sosialisasi Politik Bagi Pemilih Pemula untuk siswa sekolah lanjutan tingkatan atas sederajat dari Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabuaten Padang Pariaman, Hanibal mengatakan sosialisasi tersebut diikuti oleh 93 peserta yang terdiri 70 siswa dan 23 guru pendamping.

"Tujuan dari kegiatan ini tidak saja untuk menyosialisasikan tentang hak pilih mereka namun juga tahapan dan jadwal pemilihan legisltif dan presiden 2019," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, lanjutnya pihaknya juga menyampaikan pentingnya menggunakan hak pilih dengan benar pada Pemilu 2019.

Video: Aadiaat M S