Senin siang, tiga rumah di Pasaman Barat terbakar

id rumah terbakar di pasaman barat

Senin siang, tiga rumah di Pasaman Barat terbakar

Petugas pemadam kebakaran Pasaman Barat saat berupaya memadamkan api di Air Bangis. Pada kebakaran itu tiga unit rumah hangus terbakar. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak tiga unit rumah di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) hangus terbakar, Senin (2/4) siang.

"Benar, dua bangunan rumah dan satu rumah sekaligus sarang burung walet hangus terbakar," kata Kepala Badan Kesatuan Polisi Pamong Praja Pasaman Barat, Edison Zalmi di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan tiga unit rumah tersebut adalah milik Erman (53), dengan ukuran 6x12 meter dengan kerugian sekitar Rp30 juta.

Rumah kedua milik Miswarti (60) ukuran 5 x 12 meter dengan kerugian sekitar Rp38 juta dan rumah atau bangunan milik Buyung Baiti (47) dengan kerugian sekitar Rp40 juta.

Tidak ada korban jiwa pada musibah itu. Dari informasi awal kebakaran disebabkan oleh korsleting arus pendek listrik, ujarnya.

Ia menyebutkan kebakaran yang terjadi secara tiba-tiba ketika pemilik rumah sedang melakukan aktifitas sehari-hari.

Api berasal dari salah satu rumah yang terbakar dan menjalar kedua rumah lainnya.

Mendapat informasi itu, petugas kebakaran di posko pemadam Air Balam dan Posko Ujung Gading langsung menuju lokasi kebakaran.

"Jarak dari posko menuju lokasi kebakaran ada sekitar 15 kilometer sehingga ketika sampai dilokasi api sudah membesar. Beruntung api tidak menjalar ke rumah lainnya," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terkait konsleting listrik.

"Jaringan listrik di rumah perlu diperiksa apalagi sudah lama. Itu pemicu konsleting," harapnya. (*)