Pesisir Selatan bangun jalan 20 kilometer untuk gerakan ekonomi

id Jalan pesisir selatan

Pesisir Selatan bangun jalan 20 kilometer untuk gerakan ekonomi

Seorang pengendara melewati jalan swadaya di UPT Tanjung Gadang, Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan, Sumbar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membangun jalan sepanjang 20 kilometer untuk memperlancar akses masyarakat antar kecamatan pada daerah setempat pada 2018.

"Selain memperlancar akses masyarakat, pembangunan jalan juga dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian karena akan mempercepat proses pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan," Kepala Dinas Pekerjaan Umum setempat, Era Sukma Munaf di Painan, Minggu.

Ia menambahkan mewujudkan pembangunan jalan, daerah setempat mengalokasikan anggaran sebesar Rp49 miliar yang bersumber dari APBD kabupaten.

Beberapa ruas jalan yang akan dibangun diantaranya Simpang Lamo-Rawa Gemulai sepanjang 1,1 kilometer, Tanjung Saba-Sungai Putih empat kilometer dan Koto Barapak-Sikabu Munto sepanjang 1,7 Kilometer yang berada di Kecamatan Bayang.

Selanjutnya, Koto Baru-Koto Pulai sepanjang tiga kilometer di Kecamatan Koto XI Tarusan, Air Haji-Rantau Simalenang sepanjang 2,8 Kilometer di Kecamatan Linggo Sari Baganti.

Berikutnya, Koto Taratak-Rawang Gunung Malelo sepanjang 3,4 kilometer di Kecamatan Sutera, Simpang Bunga Pasang-Salido Kecil tiga kilometer, Sago-Teluk Belibis sepanjang 1,1 Kilometer di Kecamatan IV Jurai dan Pasa Anam Puluah-Binjai sepanjang 1,6 kilometer di Kecamatan Basa IV Balai Tapan.

Dari keseluruhan kegiatan diantaranya masih dalam tahap pelelangan namun ada juga yang telah diketahui kontraktornya melalui proses lelang.

Menurutnya, dengan pembangunan ruas jalan maka akan menambah panjangnya jalan kabupaten yang berkondisi baik atau laik ditempuh.

Jalan kabupaten di Pesisir Selatan saat ini sepanjang 1.333 kilometer namun hanya 37 persen yang dalam keadaan baik dan 2019 ditargetkan seluruh jalan dalam keadaan baik.