Puluhan pendongeng akan mendongeng di festival mendongeng 24 jam

id Festival Mendongeng 24 Jam,Hari Mendongeng Sedunia

Puluhan pendongeng akan mendongeng di festival mendongeng 24 jam

Festival Mendongeng 24 Jam di Padang Panjang digelar Sabtu(24/3) memeriahkan Hari Mendongeng Sedunia. (ANTARA SUMBAR/ Dokumen Forum Pegiat Literasi Padang Panjang)

Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Padang Panjang, Sumatera Barat, akan menggelar Festival Mendongeng 24 Jam dalam menyemarakan Hari Mendongeng Sedunia pada Sabtu (24/3). Hingga kini telah mendaftar 52 pendongeng yang berasal dari Padang Panjang dan luar Padang Panjang.

"Pendongeng dari luar Sumbar yang ikut di antaranya berasal dari Tangerang Selatan dan Riau. Lalu yang di Sumbar berasal dari Pasaman Barat, Bukittinggi, Payakumbuh dan lainnya," kata Ketua Forum Pegiat Literasi (FPL) Padang Panjang, Muhammad Subhan di Padang Panjang, Selasa.

Ia menerangkan, festival mendongeng ini digagas oleh FPL bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang dan Kampung Literasi Gang Aster.

"Kegiatannya nanti dilaksanakan di Gang Aster, Kelurahan Bukit Surungan ini pada Sabtu (24/3)," katanya.

Di festival itu, pendongeng yang tampil tidak harus seorang pendongeng profesional, siapapun dari berbagai latar profesi boleh ikut serta.

"Karena bersifat swadaya, para pendongeng akan mendongeng secara sukarela dan estafet. Mereka bisa manfaatkan berbagai media yang dikuasai," ujarnya.

Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat agar menghidupkan kebiasaan mendongeng bagi anak baik di rumah maupun di lembaga pendidikan formal dan nonformal.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Alvi Sena mengatakan mendongeng dapat membantu melatih mental dan kepercayaan diri anak.

"Lewat mendongeng kita bisa sampaikan pesan-pesan positif yang membantu membentuk karakter anak. Sementara jika anak diajar mendongeng, ada nilai tambah untuk membantu membentuk kepercayaan dirinya dalam berkomunikasi," katanya.