Polisi Tanah Datar gencarkan razia lalu lintas

id razia polisi

Polisi Tanah Datar gencarkan razia lalu lintas

Kasat Lantas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi (tengah) memberikan arahan kepada pengendara yang melakukan pelanggaran lalulintas saat razia di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Sabtu (24/2). ((Antarasumbar/Irfan Taufik))

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Polres Tanah Datar, Sumatera Barat terus menggencarkan operasi keselamatan tertib berlalu lintas kepada masyarakat terutama pelajar dan generasi muda dalam upaya menekan angka dan fatalitas korban kecelakaan di jalan raya.

"Operasi dalam bentuk razia kendaraan ini kita fokuskan kepada kendaraan yang melawan arus lalulintas, pengendara yang tidak mengunakan helm dan kelengkapan surat-surat kendaraan serta yang melanggar rambu-rambu lalulintas," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi saat operasi razia kendaraan di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Sabtu (24/2).

Ia menyebutkan dalam upaya mewujudkan keselamatan dan ketertiban lalulintas, pihaknya akan secara rutin menggelar razia seperti ini.

"Kita mengingatkan bagi pengendara untuk selalu menaati peraturan berlalu lintas sebagai salah satu kunci menghindari bahaya kecelakaan," kata Rusadi. Jajaran Satlantas Polres Tanah Datar selama 14 hari ke depan mulai 1 sampai 14 Maret 2018 akan menggelar Operasi Keselamatan dengan harapan angka kecelakaan lalulintas bisa turun menyentuh angka terendah.

Ia mengatakan faktor penyebab kecelakaan lalulintas umumnya berawal dari pelanggaran akibat tidak tertib dan tidak disiplin pengendara dalam mematuhi peraturan berlalu lintas di jalan raya.

"Peraturan dibuat bukan untuk mengekang pengguna jalan tapi demi kenyamanan dan menjaga keselamatan mereka," tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengharapkan upaya mengampanyekan keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat ini dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) berlalu lintas di jalan raya.

"Polisi terus berupaya memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan bagi pengguna jalan raya sehingga menimbulkan rasa aman, nyaman, dan selamat dalam perjalanan sampai ke tujuan," katanya.

Kapolres mengatakan apa pun upaya polisi dalam menegakkan hukum berlalu lintas, namun tanpa kesadaran pengguna jalan mematuhi aturan maka akan sulit mewujudkan Kamseltibcar di jalan raya.

Pada kegiatan operasi keselamatan selama dua jam tersebut, Satlantas telah menjaring 40 pengendara yang melakukan pelanggaran melawan arus lalulintas, tidak menggunakan helm dan membawa kelengkapan surat-surat kendaraan serta yang melanggar rambu lalulintas. (*)