Jalur Riau-Sumbar lalui Kampar telah normal

id Jalan Amblas,Jalan Sumbar-Riau,Kampar

Jalur Riau-Sumbar lalui Kampar telah normal

Ilustrasi - (FOTO ANTARA/M Risyal Hidayat)

Setelah dilakukan uji coba dan dipastikan aman, jalur tersebut kembali dibuka untuk umum
Pekanbaru, (Antaranews Sumbar) - Jalan lintas Riau-Sumatera Barat melalui Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, yang sempat amblas tengah pekan ini, telah berhasil diperbaiki dan dapat dilalui oleh kendaraan kembali.

"Setelah dilakukan uji coba dan dipastikan aman, jalur tersebut kembali dibuka untuk umum," kata Kepala Urusan Humas Polres Kampar, Iptu Deny Yusra di Pekanbaru, Jumat.

Ia menuturkan, proses uji coba dilakukan berulang kali dengan menggunakan truk bertonase hingga 18 ton.

Dalam uji coba yang turut disaksikan oleh perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dipastikan jalan tersebut aman untuk dilalui.

Baca juga: Empat Titik Ruas Jalan Provinsi dan Nasional di Agam Rusak

Proses perbaikan salah satu jalur lintas utama Riau-Sumbar, tepatnya di KM 70, Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar tersebut berlangsung sejak 7 Februari 2018 lalu.

Perbaikan jalan dilakukan dengan menggunakan sejumlah alat berat. Jalan tersebut sebelumnya runtuh hingga menyebabkan lobang menganga hingga mencapai 5 meter.

Akibatnya, Polres Kampar harus menutup jalan tersebut dan mengalihkan kendaraan melalui sejumlah alternatif.

Baca juga: Warga Harapkan Pemkab Perbaiki Jalan Terban di Sungai Geringging

Sementara itu, meski telah berhasil diperbaiki, dia menuturkan Polres Kampar masih menyiagakan sejumlah personel Lantas untuk mengatur lalu lintas.

"Anggota Lantas masih kita siagakan di sana untuk mengatur lalu lintas pasca dibukanya kembali jalan tersebut," ujarnya.

Untuk diketahui, lokasi tersebut sebelumnya sempat amblas beberapa bulan lalu. Amblasnya jalan itu diduga akibat adanya gorong-gorong, yang ketika hujan lebat akan mengikis tanah yang menopang badan jalan. (*)