Peringati HPN, jurnalis Sumba Timur tanam mangrove

id HPN

Peringati HPN,  jurnalis Sumba Timur tanam mangrove

Logo HPN (ist)

Sumba, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah wartawan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur akan memperingati Hari Pers Nasional (HPN) dengan menanam seribu pohon bakau di pantai Manuhara, Padadita, Waingapu sekitar pukul enam pagi, tanggal 9 Februari 2018.

Aksi para wartawan Sumba Timur yang membentuk wadah berlabel Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST) itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, kata Heindrich Dinge, Humas SWST kepada Antara, di Sumba, Sabtu.

Keputusan untuk merayakan HPN dengan menanam pohon bakau dilakukan dalam rapat oleh sejumlah wartawan pada Jumat di kantor radio Maxfm yang diikuti oleh para wartawan yaitu Heindrich Dinge (MaxFM- KBR68H), Robert Ropo (Pos Kupang), Andy M. Yusuf (Kompas TV), Siti Amina Wungo (ANTV/TV One-Viva Group), Mohamad Habibudin (nttonlinenow.com), Frengky Johanis (Victory News), Dion Umbu Ana Lodu (Waingapu.com).

Pada penanaman bakau tersebut para wartawan akan menggandeng partisipasi dari masyarakat umum dan beberapa organisasi serta lembaga yaitu Forkompimda, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Taman Nasional Matalawa.

"Bila anaka bakau yang ditanam nanti bisa tumbuh dengan baik, maka akan memberi harapan masa depan lingkungan yang lebih baik khususnya di pesisir Manuhara," kata Heindrich Dinge yang bersama dengan Radio MaxFM telah beberapa tahun ini menanam 1.500 pohon bakau di kawasan yang sama.

Selain itu para wartawan Sumba Timur juga menyelenggarakan "gelar wicara" di radio MaxFM pada Selasa 6 Februari dengan tema "Peran Wartawan dalam Pembangunan Sumba Timur" sebagai ajang silaturahmi antara sesama pegiat jurnalistik dan menyerap aspirasi masyarakat.***4***