Pengembangan pariwisata kota Palembang butuh investasi

id pariwisata palembang

Pengembangan pariwisata kota Palembang butuh investasi

(int)

Pemkot Palembang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi investor, baik penanaman modal murni hingga penerapan sistem BOT (Build, Operate and Transfer). Yang penting, ada penanaman modal masuk
Palembang, (Antaranews Sumbar) - Pengembangan sektor pariwisata di Kota Palembang, Sumatera Selatan membutuhkan peran investasi (penanaman modal), karena anggaran dari pemerintah untuk hal itu masih terbatas.

Kami mengharapkan para investor tertarik menanamkan modalnya di sektor pariwisata kota ini, apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games XVIII 2018, ujar Wali Kota Palembang, Harnojoyo di Palembang, Sabtu.

Menurutnya Pemkot Palembang membuka kesempatan seluas-luasnya bagi investor, baik penanaman modal murni hingga penerapan sistem BOT (Build, Operate and Transfer). Yang penting, ada penanaman modal masuk.

Ia menjelaskan setidaknya terdapat 18 destinasi wisata yang ditawarkan kepada investor, di antaranya, penyediaan perahu serta tenda-tenda untuk penyelenggaraan pasar terapung, sarana transportasi, penataan Pulau Kemarau, pembangunan hotel di kawasan pinggiran Sungai Musi, dan beberapa destinasi wisata lainnya.

"Kesempatan berinvestasi di Palembang ini sudah ditawarkan ke sejumlah investor dalam negeri dan luar negeri, saat ini tinggal menunggu responnya," kata Harnojoyo.

Pemerintah Kota Palembang menawari investor untuk menggarap destinasi wisata sungai karena ingin mengangkat brand sebagai kota wisata sungai pertama di Indonesia.

"Jika ada modal yang masuk untuk pembangunan infrastruktur, saya yakin bahwa kawasan River Side ini tidak kalah dengan yang ada di Thailand," tambahnya.

Ia mengemukakan, Pemkot Palembang sudah memiliki perencanaan untuk menjadikan Kota Palembang sebagai kota wisata sungai pertama di Indonesia.

Dalam proses pengembangan ini, Palembang akan mencontoh Thailand yang berhasil mengangkat Sungai Chao Phraya sebagai salah satu tempat wisata yang paling digemari di Asia.

Pemerintah Kota Palembang menyiapkan model transfortasi 'bus air' untuk menuju sejumlah lokasi wisata di bantaran Sungai Musi, kata dia.(*)