Sinergi Pemerintah-Masyarakat Kunci dalam Membangun Padang

id pantai padang

Sinergi Pemerintah-Masyarakat Kunci dalam Membangun Padang

Pantai Padang, Sumater Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Salah satu pejabat pemerintahan di Kota Padang, Sumbar Rachmadeny Putri mengatakan sinergi yang dijalin antara pemerintah dengan masyarakat menjadi kunci berjalannya program pembangunan di daerah itu.

"Dengan komitmen kebersamaan menjadi kunci keberhasilan suatu kecamatan atau kelurahan dalam membangun wilayahnya," ujar Camat Kuranji Padang tersebut di Padang, Rabu (10/1).

Dia mencontohkan di Kuranji, pihaknya kerap turun ke tengah masyarakat dalam suatu pertemuan untuk menerima aspirasi dan pendapat pelbagai persoalan.

Misalnya terkait renovasi jalan, jembatan atau pasar Belimbing dilakukan berdasarkan arahan dari warga.

Sebaliknya warga juga dapat ikut serta dalam mengawasi jalannya pembangunan dan dapat melaporkan bila ada masalah.

"Keterbukaan kedua belah pihak ini memudahkan dalam setiap kegiatan pembangunan," ujar dia.

Salah satunya dalam pembebasan jalan By Pass beberapa waktu lalu, adanya komunikasi dan persepsi yang sama antara pemerintah dan warga mempercepat tuntasnya jalur dua By Pass tersebut.

Termasuk kemenangan lomba "Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah" (ABS-SBK) Padang beberapa waktu lalu, karena adanya sinergi dan komunikasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat di Kuranji.

Camat Koto Tangah Syahrul menambahkan keberadaan forum komunikasi antara pimpinan daerah yang dibangun di kecamatan ikut membantu adanya sinergi tersebut.

Seperti di Koto Tangah yang memiliki wilayah kecamatan terluas di Padang dari sebelas kecamatan yang ada, terjadi pembangunan yang signifikan pada 2017 karena peran optimal warga.

Beberapa pembangunan infrastruktur seperti betonisasi jalan lingkungan di Aia Pacah, Tabing, Lubuk Buaya, Lubuk Minturun kemudian renovasi Pasar Lubuk Buaya dan rencana pembangunan terminal tipe A.

Kesemuanya berawal dari aspirasi dan pendapat masyarakat kemudian dikumpulkan dan dijadikan pedoman untuk menjalankan pembangunan.

Tidak hanya di Koto Tangah, kecamatan lainnya juga terjadi sinergi pemerintah dan masyarakat yang menjadikan program unggulan pimpinan semakin tepat sasaran.

"Inilah yang akan tetap dijaga pada tahun ini bahkan sinergi tersebut akan lebih ditingkatkan," kata dia.

Sementara itu saat evaluasi kinerja program tahun lalu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menekankan warga sebagai elemen penting pembangunan.

Menurutnya banyak program inisiatif pemerintah seperti Tahfiz, relawan kebersihan, hingga pendidikan keluarga 18-21 mendapat respon positif di tengah masyarakat dengan peningkatan partisipasi kegiatan tersebut.

Respon ini kata dia penting untuk menjaga konsistensi pembangunan secara berkelanjutan. (*)